INGGARSARI, YONORA (2023) ANALISIS DESKRIPTIF KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IX SMP NEGERI 30 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Yonora Inggarsari 19110161.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Penelitian Analisis Deskriptif Kecerdasan Emosional Siswa Kelas IX SMP
Negeri 30 Semarang di latar belakangi oleh siswa yang memiliki kecerdasan
emosional berbeda – beda, terdapat siswa yang dapat mengendalikan kecerdasan
emosionalnya, namun tidak sedikit yang tidak mampu mengendalikan kecerdasan
emosional yang dimilikinya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengetahui kondisi kecerdasan emosional siswa kelas IX SMP Negeri
30 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
deskriptif. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 254 siswa dan diambil 25% dari
keseluruhan jumlah populasi sebanyak 65 siswa yang dijadikan sampel. Sampel
menggunakan random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan
pengolahan statistic dengan program IBM SPSS Statistic 26.
Berdasarkan hasil penelitian analisis deskriptif kecerdasan emosional siswa
kelas IX SMP Negeri 30 Semarang menunjukan sebagian besar siswa sudah
memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, namun masih terdapat siswa dengan
kategori sedang. Siswa kelas IX SMP Negeri 30 Semarang yang memiliki
kecerdasan emosional sangat tinggi sebanyak 21 siswa (32%), kategori tinggi
sebanyak 44 (68%), tidak terdapat siswa dalam kategori sedang dan rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
sebaiknya guru BK agar lebih bijaksana lagi dalam memperhatikan kondisi
kecerdasan emosional siswa, diharapkan memberikan bimbingan terhadap siswa
agar mampu meningkatkan kecerdasan emosi yang dimilikinya.
Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 05 Jan 2024 07:30 |
Last Modified: | 05 Jan 2024 07:31 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/451 |