UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MANJA ASIH DOMENGGALAN BINTORO DEMAK

MAKNUN, LU’LU’UL (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN CERITA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MANJA ASIH DOMENGGALAN BINTORO DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of LU’LU’UL MAKNUN.pdf] Text
LU’LU’UL MAKNUN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

LU’LU’UL MAKNUN. NPM 21156132. “Upaya Meningkatkan Kemampuan
Berbicara Melalui Kegiatan Cerita Bergambar pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK
Manja Asih Domenggalan Bintoro Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
2024. Dosen Pembimbing I Dr. Muniroh Munawar, S.Pi., M.Pd., Dosen
Pembimbing II Dwi Prasetiyawati D.H, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih kurangnya
tingkat keaktifan anak untuk menceritakan pengalamannya di depan kelas, karena
Anak masih belum berani mencoba hal baru sehingga terkesan meniru Masalah
dalam penelitian ini tentang Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui
Kegiatan Cerita Bergambar Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Manja Asih
Domenggalan Bintoro Demak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan
Kemampuan berbicara anak melalui kegiatan cerita bergambar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan pengumpulan
data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
ini sebanyak 16 anak usia 4-5 tahun di TK Manja Asih Domenggalan Bintoro
Demak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam observasi
penelitian ini yaitu menggunakan teknik observasi ,teknik wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
reduksi data, display data dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh pada kondisi awal pra siklus anak dengan presentasi
12,5%. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil
peningkatan kemampuan bicara anak pada siklus I perkembangan kemampuan
bicara anak mencapai persentase 25% dan siklus II perkembangan kemampuan
berbicara anak meningkat mencapai 81,25%. Dengan demikian perkembangan
kemampuan berbicara anak mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator
pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi
kemampuan berbicara anak meningkat melalui kegiatan cerita bergambar pada
anak usia 4-5 tahun di TK Manja Asih Domenggalan Bintoro Demak.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara
anak dapat meningkat melalui kegiatan bercerita melalui kegiatan cerita
bergambar.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan anak untuk percaya diri pada media pembelajaran yang sudah
diberikan oleh guru. Diharapkan kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara
terprogram. Karena Kegiatan bercerita dengan media anak dapat mengenal media-
media buku cerita bergambar yang untuk meningkatkan kemampuan berbicara
tersebut, dimana anak praktek langsung cara bercerita didepan kelas dan bertanya
langsung apa media-media dan buku cerita yang di gunakan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Sep 2024 04:32
Last Modified: 11 Sep 2024 04:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4509

Actions (login required)

View Item
View Item