MURTADLO, KHUSNUL (2024) MANAJEMEN PENINGKATKAN MUTU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
KHUSNUL MURTADLO.pdf
Download (1MB)
Abstract
Khusnul Murtadlo. 2024. Manajemen Peningkatkan Mutu di Sekolah Menengah
Atas Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara. Tesis. Program Studi Manajemen
Pendidikan. Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I
Prof. Dr. A. Y. Soegeng Ysh., M. Pd. dan Pembimbing II Dr. Maryanto, M. Si.
Proses pendidikan akan bermutu apabila seluruh komponen pendidikan
terlibat dalam proses pendidikan. Komponen-komponen pendidikan tersebut
meliputi tujuan pendidikan, peserta didik, pendidik, metode pendidikan, isi
pendidikan, lingkungan pendidikan, dan alat serta fasilitas pendidikan. Fokus dari
penelitian yaitu mendeskripsikan dan menganalisis manajemen peningkatan mutu
sekolah di SMA N 1 Pecangaan Kabupaten Jepara.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini
merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui kondensasi data (data
condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau
verifikasi (conclusion drawing and verification). Teknik pengumpulan data yaitu
wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan triangulasi
sumber dan metode. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan
data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan manajemen
peningkatan mutu yang dilakukan Kepala Sekolah meliputi identifikasi kebutuhan
dan sosialisasi program sekolah. (2) pengorganisasian manajemen peningkatan
mutu yang dilakukan Kepala Sekolah meliputi meliputi penempatan sumber daya
sekolah, pengembangan organisasi, penugasan dan pendelegasian wewenang. (3)
pelaksanaan manajemen peningkatan mutu yang dilakukan Kepala Sekolah
meliputi pelaksanaan peningkatan mutu sekolah dan pelaksanaan supervisi
akademik. (4) pengawasan manajemen peningkatan mutu yang dilakukan Kepala
Sekolah meliputi evaluasi kegiatan sekolah, dan solusi kendala kegiatan.
Penulis menyarankan agar terus membangun komunikasi yang efektif
terhadap warga sekolah, membangun kerjasama tim dan melakukan perbaikan
secara terus-menerus dan berkelanjutan. Guru diharuskan untuk selalu siap dan
mendukug dalam pelaksanaan kegiatan.
Manajemen Peningkatkan Mutu Sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:22 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4507 |