MUMPUNI, HANJRAH SRI (2024) MANAJEMEN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA KURIKULUM MERDEKADI SEKOLAH DASAR NEGERI LEREP 01 KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
HANJRAH SRI MUMPUNI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Mumpuni, Hanjrah Sri. 2024. “Manajemen Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila Pada Kurikulum Merdeka di SD Negeri Lerep 01 Kabupaten
Semarang”. Tesis. Pembimbing; (1) Dr. Rasiman, M. Pd; (2) Dr. Sumarno, M. Pd.
Implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri Lerep 01 Kecamatan
Ungaran Barat Kabupaten Semarang sebagai Sekolah Penggerak Tahap II baru di
kelas 1, 2, 4 dan 5 sehingga projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) juga
dilaksanakan di kelas 1, 2, 4 dan 5. Fokus penelitian ini adalah unutk
mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan
dan evaluasi projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) di SD Negeri Lerep 01
Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru,
koordinator P5, tim fasilitator P5. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara,
dokumentasi dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisi kualitatif
meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Perencanaan P5 meliputi: (a)
identifikasi tingkat kesiapan sekolah pada tahap berkembang, (b) merancang
dimensi, tema, dan alokasi P5, dengan tema kearifan lokal dan bhineka tunggal
ika, alokasi waktu pelaksanaan projek pada setiap hari Kamis dan Jumat, satu
topik projek waktunya minimal 4 jam dan maksimal 16 jam, (c) menyusun modul
P5 yang berisi penjelasan tema, tujuan, alur dan target projek, relevansi projek
bagi sekolah, alur kegiatan, dimensi P5, aktivitas dan jadwal kegiatan, (d)
merancang strategi pelaporan hasil projek. (2) Pengorganisasian P5, SD Negeri
Lerep 01 Ungaran Barat Kabupaten Semarang memiliki koordinator P5 dan tim
fasilitator P5 yang terdiri dari guru wali kelas 1, 2, 4 dan 5, dalam melaksanakan
tugas pokok sudah cukup baik. (3) Pelaksanaan P5 sudah sesuai panduan
pengembangan P5 antara lain mempersipakan sumber belajar, penyampaian
materi terkait tema, topik dan kegiatan yang akan dilakukan, membentuk
kelompok, mengerjakan projek, dan melakukan refleksi dan membagikan hasil
projek. (4) Evaluasi P5 menggunakan evaluasi proses dan hasilnya perkembangan
siswa disampaikan melalui rapor P5. Sedangkan tindak lanjut P5 adalah dengan
mengoptimalkan dampak dan manfaat P5 dengan menumbuhkan karakter peserta
didik dalam kehidupan sehari-hari.
Saran dari penelitian ini, bagi guru hendaknya merencanakan dengan teliti
pemilihan alokasi waktu pembelajaran P5 dan modul P5 hendaknya lebih rinci
dan diperjelas. Bagi Tim fasilitator hendaknya melibatkan semua guru untuk ikut
membantu dalam setiap aktivitas P5. Bagi kepala sekolah hendaknya memberikan
fasilitas untuk memperlancar kegiatan P5. Bagi dinas terkait hendaknya
memberikan dukungan untuk peningkatan kapasitas pendidik dan tenaga
kependidikan secara berkelanjutan dan melakukan pengawasan terhadap kegiatan
P5 di sekolah
Kata kunci: manajemen dan projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 04:12 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 04:12 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4504 |