Sismawati, Eni (2024) PENGARUH IKLIM ORGANISASI SEKOLAH, KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU SEKOLAH PADA SMK SWASTA SUB RAYON 03 KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Eni Sismawati.pdf
Download (1MB)
Abstract
Sismawati, Eni, 2024, “ Pengaruh Iklim Organisasi Sekolah, Kompetensi Guru
dan Motivasi Kerja terhadap Mutu Sekolah Pada SMK Swasta Sub Rayon 03
Kabupaten Jepara”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Yovitha Juliejantiningsih, M.Pd;
(2) Dr.Ir. I Made Sudana, M.Pd., IPM.
Mutu merupakan sesuatu yang dianggap salah satu bagian penting, karena
mutu pada dasarnya menunjukkan keunggulan suatu produk jika dibandingkan
dengan produk lainnya. Begitu juga mutu sekolah merupakan hal yang sangat
penting untuk diperhatikan oleh pihak-pihak terkait demi keberhasilan Pendidikan
di Negara Indonesia. Mutu sekolah yang baik diharapkan akan mencetak generasi
penerus yang cerdas dan berkarakter.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengukur besarnya pengaruh iklim
organisasi sekolah terhadap mutu sekolah (2) mengukur besarnya pengaruh
kompetensi guru terhadap mutu sekolah (3) mengukur besarnya pengaruh
motivasi kerja terhadap mutu sekolah (4) mengukur besarnya pengaruh iklim
organisasi sekolah, kompetensi guru dan motivasi kerja secara bersamaan
terhadap mutu sekolah.
Populasi berjumlah 6 sekolah dengan jumlah guru 158 orang dan jumlah
sampel 110 orang. Yang ditetapkan dengan Proportionate Random Sampling,
pengumpulan data dengan kuesioner. Analisis data dengan analisis deskriptif, uji
prasyarat, uji koefisien, korelasi, determinasi analisis regresi tunggal dan analisis
regresi ganda yang dihitung menggunakan program SPSS for Windows Release
16.
Hasil penelitian dapat diketahui bahwa iklim organisasi sekolah termasuk
kategori cukup baik, kompetensi guru termasuk kategori baik; motivasi kerja
termasuk kategori cukup baik. Dari uji hipotesis ditemukan terdapat pengaruh
positif iklim organisasi sekolah terhadap mutu sekolah sebesar 4,2%. Terdapat
pengaruh positif kompetensi guru terhadap mutu sekolah sebesar 12,9%; Terdapat
pengaruh positif motivasi kerja terhadap mutu sekolah sebesar 20%. Terdapat
pengaruh positif iklim organisasi sekolah, kompetensi guru dan motivasi kerja
terhadap mutu sekolah sebesar 23,9%.
Berdasarkan hasil penelitian direkomendasikan (1) Dinas Pendidikan
untuk memberikan pengarahan kepada kepala sekolah berkaitan dengan tugasnya
sebagai pimpinan. Guru dan kepala sekolah harus melakukan upaya untuk
memperbaiki kondisi tersebut. (2) Kepala sekolah memberikan kesempatan
kepada guru untuk mengikuti pelatihan, seminar, workshop berkaitan dengan
kompetensi guru terutama kompetensi sosial. (3) Guru harus berperan aktif
menciptakan kedisiplinan dan suasana kerja yang menyenangkan sebagai iklim
organisasi sekolah yang positif.
Kata kunci: iklim organisasi sekolah, kompetensi guru, motivasi kerja, mutu
sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:49 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:49 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4500 |