PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER DALAM MEWUJUDKAN ANTI BULLYING DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES

NURHAYATI, DWI (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAGER DALAM MEWUJUDKAN ANTI BULLYING DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 01 KECAMATAN KETANGGUNGAN KABUPATEN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DWI NURHAYATI_Tesis FIX.pdf] Text
DWI NURHAYATI_Tesis FIX.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dwi Nurhayati. NPM. 21510064. Peran Kepala Sekolah Sebagai Manager Dalam
Mewujudkan Anti Bullying di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Kecamatan
Ketanggungan Kabupaten Brebes. Tesis, Program Pascasarjana, Manajemen
Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Pembimbing I Dr. Ghufron Abdullah,
M.Pd., Pembimbing II Dr. Rosalina Br Ginting, M.Si.
Fokus penelitian ini adalah (1) Peran kepala sekolah dalam perencanaan
program anti bullying di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan. (2)
Peran kepala sekolah dalam mengorganisasikan program anti bullying di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan. (3) Peran kepala sekolah dalam
pelaksanaan program anti bullying di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01
Ketanggungan. (4) Peran kepala sekolah dalam pengawasan program anti bullying
di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 01 Ketanggungan.
Penelitian ini menggunakan penelitian qualitative research dengan
pendekatan deskriptif analitis. Penelitian ini bermaksud untuk menggali Peran
Kepala Sekolah Sebagai Manager Dalam Mewujudkan Anti Bullying di TK
Aisyiyah Bustanul Athfal 01. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini
menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data
menggunakan trianggulasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian a) Analisis peran kepala sekolah dalam perencanaan
program anti bullying adalah (1) melakukan analisa dan identifikasi masalah
kenakalan anak, (2) melakukan analisa kebutuhan guru dan anak, (3) Penyusunan
draft kesepakatan bersama MOU antara pihak sekolah dengan orang tua selaku
wali dari peserta didik, (4) menyusun anggaran sesuai kebutuhan pada aspek
aspek yang memerlukan pembiayaan. b) Analisis Peran kepala sekolah dalam
mengorganisasikan program anti bullying 1) mengalokasikan sumber daya; 2)
merumuskan dan menetapkan tugas; 3) menetapkan prosedur yang diperlukan; 4)
menetapkan struktur organisasi yang menunjukkan adanya garis kewenangan dan
tanggungjawab. c) Analisis Peran kepala sekolah dalam pelaksanaan program anti
bullying diantaranya 1) Peran sebagai fasilitator dengan menyediakan media
gambar, poster tentang bahaya bullying, 2) peran sebagai demonstrator kepala
sekolah mengintruksikan guru untuk dapat mendemontrasikan secara jelas bahaya
dan dampak Bullying, 3) peran sebagai motivator memberikan semangat dan
arahan kepada anak dan guru untuk hidup salig tolong menolong, 4) peran sebagai
evaluator kepala sekolah mengamati perkembangan anak dengan lembar
pengamatan dan mengevaluasi dinamika dan dampak penangan. d) Peran kepala
sekolah dalam pengawasan program anti bullying meliputi pengawasan internal
dilakukan kepala sekolah dan pengawas, kemudian pengawasan eksternal
dilakukan komite sekolah, dilihat dari teknis pengawasan dilakukan dengan dua
pendekatan yaitu pengawasan langsung yang bersifat teknis dan pengawasan tidak
langsung dalam bentuk laporan.
Kata Kunci : Peran Kepala Sekolah, Manager, Anti Bullying

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:45
Last Modified: 11 Sep 2024 03:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4496

Actions (login required)

View Item
View Item