Mariyana, Dian (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI WANOJA 02 KECAMATAN SALEM KABUPATEN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Dian Mariyana.pdf
Download (3MB)
Abstract
Kinerja guru dapat dikatakan bermutu bila menghasilkan karya yang baik dan
dapat menghantarkan peserta didik untuk dapat meraih prestasi. Pembinaan dan
pendampingan yang baik yang dilakukan oleh kepala sekolah menjadikan
semangat dan motivasi guru meningkat sehingga kinerja guru mendapatkan hasil
yang maksimal.Tujuan dari penelitian ini untuk: 1) untuk mendeskripsikan dan
menganalisis perencanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja
guru, 2) untuk mendeskripsikan dan menganalisis pelaksanaan strategi kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru, 3) untuk mendeskripsikan dan
menganalisis evaluasi strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di
Sekolah Dasar Negeri Wanoja 02 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif.. Teknik pengumpulan
data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan
triangulasi teknik. Analisis data dengan tiga langkah: reduksi data, menyajikan
data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Kepala sekolah memberikan pembinaan
kedisiplinan dan teladan yang dimasukan dalam kegiatan perencanaan strategi
kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Kepala sekolah
melaksanakan kegiatan seminar dan pelatihan, melakukan kerja sama dengan
lembaga pendidikan lain, mendatangkan para ahli, mengadakan supervisi
akademik dengan rutin, menyediakan sarana dan prasarana yang memadai yang
masuk dalam kegiatan pelaksanaan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan
kinerja guru. 3) Kepala sekolah melakukan evaluasi pada aspek perencanaan dan
pelaksanaan kegiatan strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru di
Sekolah Dasar Negeri Wanoja 02 Kecamatan Salem Kabupaten Brebes.
Simpulan Strategi kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru telah
dilakukan melalui pelaksanaan yang sesuai dengan prinsip manajemen yang
terdiri dari tiga kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penulis
menyarankan agar kepala sekolah diharapkan membuat dan menyusun
perencanaan, pelaksanaan serta evaluasi dengan baik.
Kata Kunci : Strategi Kepala Sekolah, Peningkatan Kinerja Guru
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:23 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:23 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4493 |