Sari, Denni Puspita (2024) PENGARUH KOMPETENSI MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, KOMITMEN GURU DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Denni Puspita Sari.pdf
Download (5MB)
Abstract
Sari, Denni Puspita. Pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah,
komitmen guru dan peran komite sekolah terhadap mutu pendidikan di Sekolah
Dasar Negeri se-kecamatan Randublatung kabupaten Blora. Tesis. Pembimbing
: (1), Dr. Yovitha Juliejantiningsih, M.Pd. (2), Dr. Maryanto, M.Si.
Latar belakang masalah penelitian ini berkaitan dengan Mutu Pendidikan
SD Negeri di Kecamatan Randublatung yang masih tergolong rendah. Kompetensi
manajerial kepala sekolah masih belum maksimal dalam penerapannya di sekolah.
Komitmen guru dalam pengelolaan kelas ataupun dalam kedisiplinan juga masih
rendah. Di sisi lain, peran komite sekolah juga masih kurang dalam berkolaborasi
dengan pihak sekolah.
Penelitian ini untuk menganalisis: (1) pengaruh kompetensi manajerial
kepala sekolah terhadap mutu Pendidikan, (2) pengaruh komitmen guru terhadap
mutu Pendidikan, (3) pengaruh peran komite sekolah terhadap mutu Pendidikan,
dan (4) pengaruh kompetensi manajerial kepala sekolah, komitmen guru, dan peran
komite sekolah terhadap mutu Pendidikan. Populasi 477 orang guru, sample
sebanyak 218 orang guru. Metode kuantitatif dengan uji instrument yang digunakan
adalah uji validitas dan uji realibilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji
normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Analisis
data menggunakan uju regresi linear berganda, uji F (ANOVA) dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut : (1)
Kompetensi manajerial kepala sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap
mutu Pendidikan. Hal ini berdasarkan hasil uji t, terbukti Nilai T hitung 5,125
dengan sig. 0,000, T tabel= 1,651 maka diperoleh perbandingan 1,651 < 5,125
berarti T tabel < T hitung. Besaranya pengaruh kompetensi manajerial kepala
sekolah terhadap variabel mutu pendidikan adalah 53,4%. (2) Komitmen guru
berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pendidikan. Hal ini berdasarkan
hasil uji t, terbukti Nilai T hitung 3,329 dengan sig. 0,000, T tabel= 1,651 maka
diperoleh perbandingan 1,651 < 3,329 berarti T tabel < T hitung. Besarnya
pengaruh komitmen guru terhadap variabel mutu pendidikan adalah 61,2%. (3)
peran komite sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu
pendidikan. Hal ini berdasarkan hasil uji t, terbukti Nilai T hitung 5,125 dengan
sig. 0,000, T tabel= 1,651 maka diperoleh perbandingan 1,651 < 5,125 berarti T
tabel < T hitung. Besarnya pengaruh peran komite sekolah terhadap variabel mutu
pendidikan adalah 68,6%. (4) Kompetensi manajerial kepala sekolah, komitmen
guru dan peran komite sekolah Uji F hitung = 162,369 dengan sig. 0,000.
Berdasarkan nilai F pada tabel anova, F tabel < F hitung yaitu 3.050 < 162,369.
Bessarnya pengaruh dari ketiga variable bebas adalah sebesar 69,5%.
Kata Kunci: Mutu Pendidikan, Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah,
Komitmen Guru, Peran Komite Sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:17 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:17 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4492 |