IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING DALAM UPAYA MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA

ARIYANTA, DAFID (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING DALAM UPAYA MEWUJUDKAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 PECANGAAN KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DAFID ARIYANTA.pdf] Text
DAFID ARIYANTA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Aryanta, Dafid 2024. Implementasi Program Anti Bullying Dalam Upaya
Mewujudkan Sekolah Ramah Anak di Sekolah Menengah Atas Negeri 1
Pecangaan Kabupaten Jepara. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan.
Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Prof. Dr.
A. Y. Soegeng Ysh, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Maryanto, M.Si
Program sekolah ramah anak merupakan salah satu kebijakan dalam upaya
memberikan solusi bagaimana menciptakan sekolah yang aman, nyaman dan
menyenangkann bagi anak. Tujuan dari penelitian yaitu 1) untuk mengetahui dan
menganlisis perencanaan program anti-bullying dalam upaya mewujudkan
sekolah ramah anak. 2) untuk mengetahui dan menganlisis pengorganisasi
program anti-bullying dalam upaya mewujudkan sekolah ramah anak. 3) untuk
mengetahui dan menganlisis pelaksanaan program anti-bullying dalam upaya
mewujudkan sekolah ramah anak. 4) untuk mengetahui dan menganlisis
pengawasan program anti-bullying dalam upaya mewujudkan sekolah ramah anak
di SMA Negeri 1 Pecangaan Kabupaten Jepara.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini
merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui 1) tahap pra lapangan
atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, 3) analisis data.
Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan
tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan dengan melakukan
analisis kebutuhan, membentuk tim sekolah ramah anak, menyusun program
sekolah ramah anak anti Bullying, menentukan prioritas program dan sosialisasi
program anti Bullying pada sekolah ramah anak. 2) pengorganisasian dengan
melakukan penempatan sumber daya sekolah, pengembangan organisasi,
penugasan dan pendelegasian wewenang. 3) Pelaksanaan dengan prosedur
melakukan pengarahan dan pemberian motivasi kepada semua warga sekolah,
kebijakan sekolah ramah anak dengan menerapkan 3P (provisi, proteksi dan
partisipasi) tata tertib, pembentukan satgas anti Bullying, SOP anti Bullying. 4).
evaluasi dilakukan dengan evaluasi oleh tim internal sekolah dan Tim gabungan
kluster 4 Gugus Tugas KLA. Kepala Sekolah menindak lanjuti dengan melakukan
diskusi dan komunikasi, dimusyawarakah secara bersama.
Peneliti menyarankan agar Kepala Sekolah dan guru sebagaimana bertindak
sebagai pelaku utama pada kegiatan ini senantiasa harus berkolaborasi mulai dari
perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
Kata Kunci: Iimplementasi, Anti Bullying, Sekolah Ramah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 11 Sep 2024 03:13
Last Modified: 11 Sep 2024 03:13
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4490

Actions (login required)

View Item
View Item