Inayah, Ayu (2024) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP MUTU SEKOLAH DI SDN KARANGJATI 02 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Ayu Inayah.pdf
Download (1MB)
Abstract
Inayah, Ayu. 2024. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap
Mutu Sekolah di SDN Karangjati 02 Kecamatan Bergas Kabupaten
Semarang”. Tesis. Pembimbing; (1) Dr. Rasiman, M. Pd; (2) Dr. Sumarno, M.
Pd.
Pelaksanaan pembelajaran berdiferensiasi dengan baik akan memberikan
dampak positif terhadap nilai akademik siswa, hal ini yang dialami di SD Negeri
Karangjati 02 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk menganalisis dan mendesripsikan efektivitas, dampak dan respon
pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan mutu sekolah SD Negeri
Karangjati 02 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.
Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan jenis
penelitian kualitatif, subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan siswa.
Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis
data yang digunakan adalah analisi kualitatif meliputi pengumpulan data, reduksi
data, display data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) efektivitas pembelajaran
berdiferensiasi terhadap mutu sekolah di SDN Karangjati 02 Kecamatan Bergas
Kabupaten Semarang sudah berjalan efektif dan dapat meningkatkan mutu
sekolah dari segi peningakatan kompetensi guru dan prestasi akademik siswa.
Namun demikian dalam pembelajaran berdiferensasi belum melibatkan wali
murid/oran tua siswa secara optimal; (2) pembelajaran berdiferensiasi di SDN
Karangjati 02 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang berdampak pada sekolah,
guru dan siswa. Dampak yang dirasakan sekolah adalah implementasi kurikulum
merdeka semakin baik; dampak bagi guru antara lain guru merasa tertantang, guru
rajin mengikuti pelatihan dan pendidikan, workshop, IHT, mengikuti program
guru penggerak dan selalu ingin belajar; sedangkan dampak bagi siswa antara
lain: nilai akademik siswa meningkat dan siswa merasa senang, termotivas dan
percaya diri; (3) pembelajaran berdiferensiasi di SDN Karangjati 02 Kecamatan
Bergas Kabupaten Semarang mendapatkan respon yang sangat baik dari kepala
sekolah, guru dan siswa. Kepala sekolah sangat mendukung dengan pembelajaran
berdiferensiasi, guru menjadi semangat belajar dan ingin meningkatkan
kompetensinya dan siswa sangat senang karena nilai akademiknya meningkat.
Saran dari penelitian ini: Bagi kepala sekolah hendaknya melibatkan
wali/orang tua siswa dalam pembelajaran berdiferensaisi serta menyediakan
fasilitas yang memadai. Bagi guru hendaknya aktif dalam mengikuti
perkembangan teknologi pembelajaran dan memaksimalkan komunitas belajar
sebagai wadah untuk saling belajar. Bagi Dinas Pendidikan hendaknya
memberikan dukungan dengan memperbanyak workshop, pelatihan, dan
sosialisasi penerapan pembelajaran berdiferensiasi bagi guru.
Kata kunci: Pembelajaran berdiferensiasi dan mutu sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 03:04 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 03:04 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4487 |