FATHONI, AHMAD (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DAN SUPERVISOR DALAM PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DI SMP NEGERI 1 BANSARI KECAMATAN BANSARI KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AHMAD FATHONI.pdf
Download (1MB)
Abstract
Fathoni, Ahmad, 2023. "Peran Kepala Sekolah sebagai Manajer dan Supervisor dalam
Peningkatan Mutu Sekolah" Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan.
Program Pascasarjana, Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1: Dr. Ngasbun
Egar,M.Pd dan II Dr. Ghufron Abdullah, M.Pd
Sekolah yang bermutu secara langsung dapat ditunjukkan oleh
kemampuan kepemimpinanya dalam menciptakan proses pendidikan yang
bermutu. Proses pendidikan merupakan kemampuan inti dari sistem pendidikan
karena sejumlah sumberdaya pendidikan didayagunakan secara efektif dan efisien,
SMP Negeri 1 Bansari memiliki rapot mutu dan nilai Ujian Sekolah terakhir yang
rata-rata sangat baik. Tentunya peran kepala sekolah sebagai pemimpin / manajer
sangat berpengaruh terhadap mutu sekolah. Kegiatan supervisi yang dilakukan di
SMP Negeri 1 Bansari juga perlu dicermati apakah berjalan dengan baik dalam
meningkatkan mutu sekolah.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan dan
menganalisis kepala sekolah sebagai manajer dalam meningkatkan mutu sekolah
dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi.
Selain itu fokus yang kedua yaitu mendeskripsikan dan menganalisis peran kepala
sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu sekolah dari perencanaan,
pelaksanaan dan tindak lanjut supervisi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau naturalistik.
Pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi partisipan,
wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan tiga
teknik yaitu ketekunan pengamatan, triangulasi dan pengecekan anggota.
Sedangkan untuk analisis data menggunakan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data,
penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi.
Berdasarkan hasil analisis, dapat ditarik suatu kesimpulan sebagai berikut:
Pertama, pelaksanaan peran kepala sekolah sebagai manager sudah berjalan
dengan baik. Kedua, kepala sekolah sudah optimal sebagai manajer terutama
dalam pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi program manajemen sehingga dapat
mengembangkan mutu sekolah. Ketiga, program perencanaan supervisi telah
disusun dengan baik, tapi masih ada kendala yaitu pelaksanaan kadang belum
tepat waktu yang ditetapkan.
Akhirnya disarankan, pertama kepala sekolah mempertahankan kinerja
sebagai manajer yang baik agar dapat terus mengembangkan mutu sekolah kedua
dalam pelaksanaan supervisi diusahakan dapat tepat waktu sehingga tidak
mengganggu program sekolah yang lain ketiga supaya ada koordinasi dan
komunikasi yang baik antara kepala sekolah, tim supervisi dan guru, sehingga
tercipta suasana yang kondusif serta masing-masing dapat melaksanakan kegiatan
supervisi dengan baik dan kegiatan tindak lanjut supervisi berjalan optimal.
Kata Kunci: Manajer, Supervisor, Mutu Sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 11 Sep 2024 02:46 |
Last Modified: | 11 Sep 2024 02:46 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4482 |