SETYANINGSIH, JULIA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME ULAR TANGGA BERBASIS APLIKASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI IPAS KELAS IV SDN KALICARI 01 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
JULIA SETYANINGSIH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
JULIA SETYANINGSIH. NPM 20120224. “Pengembangan Media
Pembelajaran Game Ular Tangga Berbasis Aplikasi Untuk Meningkatkan
Pemahaman Materi IPAS Kelas IV SDN Kalicari 01 Semarang”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Sunan Baedowi, S.Pd.I.,
M.Si dan Pembimbing II Drs. Kiswoyo M.M. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah berdasarkan observasi
di SDN Kalicari 01 Semarang masih terdapat permasalahan yang berkaitan dengan
media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan masih minim. Jika
pembelajaran berbasis media dilakukan seringkali guru menggunakan video dari
youtube sebagai media pembelajaran. Pembelajaran di kelas seringkali bersifat
konvensioanal dengan metode ceramah. Hal tersebut mengakibatkan suasana
pembelajaran kurang interaktif sehingga siswa kurang tertarik dan cenderung
merasa bosan saat pembelajaran berlangsung. Melalui proses observasi peneliti
menemukan bahwa siswa lebih cenderung suka belajar sambil bermain.
Tujuan penelirtian ini mengembangkan media pembelajaran “Game Ulara
Tangga” berbasis Aplikasi, dengan mengimplementasi media “Game Ular Tangga”
berbasis Aplikasi, dan mengandung kevalidan, kepraktisan dan keefektifan media
pembelajaran “Game Ular Tangga” berbasis Aplikasi, dalam meningkatkan
pemahaman materi IPAS pada siswa kelas IV di SDN Kalicari 01 Semarang. Jenis
penelitian inin menggunakan metode RnD dengan menggunakan model ADDIE.
Hasil validasi ahli materi mendapatkan persentase 80% dengan kriteria
“valid” dan hasil validasi ahli media mendapatkan persentase 94% dengan
kriteria “sangat valid”. Penilaian angket penilaian respon guru memperoleh
persentase 88% dan angket respon siswa memperoleh persentase 91% dengan
kriteria keduanya “sangat praktis”. Tingkat pemahaman konsep siswa yang semula
mendapat rata-rata 51 setelah menggunakan media pembelajaran “Game Ular
Tangga” berbasis Aplikasi meningkat dan mendapat nilai rata-rata 94. Hal ini
menunjukan bahwa media pembelajaran “Game Ular Tangga” berbasis Aplikasi,
dapat meningkatkan pemahaman materi siswa terhadap materi IPAS Kelas IV.
Kesimpulan dari penelitian ini Pengembangan media “Game Ular Tangga”
berbasis Aplikasi. ini dikembangkan dengan metode Research and Development
(RnD). Respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran “Game Ular Tangga”
berbasis Aplikasi sangat praktis sebagai penunjang pada saat pembelajaran
khususnya materi IPAS Bab 8. Dari hasil data penilaian respon siswa sebesar 91%
dan respon penilaian guru 88%. Maka keduanya mendapatkan respon dengan
kriteria “sangat praktis”. Media “Game Ular Tangga” berbasis Aplikasi berhasil
meningkatkan pemahaman materi IPAS kelas IV SDN Kalicari 01 Semarang
dengan ditunjukkan hasil Pretest rata-rata 51 setelah itu Posttest menjadi 97. Serta
menghasilkan pengaruh “ Tinggi” sebesar 0,87 yang artinya media “Sangat efektif”
meningkatkan pemahaman materi IPAS Kelas IV di SDN Kalicari 01 Semarang.
ix
Saran dari hasil penelitian pengembangan media “Game Ular Tangga”
berbasis Aplikasi, yaitu Sekolah dan guru diharapkan dapat menghasilkan
pembelajaran yang inovatif dan kreatif serta mampu memanfaatkan teknologi
dalam pembelajaran, media “Game Ular Tangga” berbasis Aplikasi, dapat
digunakan dengan baik, namun terdapat beberapa saran validator. Hal ini dapat
dijadikan pertimbangan bagi penelitian selanjutnya untuk mengembangkan lebih
baik lagi., media “Game Ular Tangga” berbasis Aplikasi, perlu dikembangkan
kembali di materi-materi pelajaran lainnya.
Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Game Ular Tangga,
Pemahaman Materi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 08:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 08:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4478 |