MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA UNGGULAN TERPADU BUMI KARTINI KABUPATEN JEPARA

IRNANTA, TRI (2024) MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA UNGGULAN TERPADU BUMI KARTINI KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TRI IRNANTA.pdf] Text
TRI IRNANTA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tri Irnanta. 2024. “Manajemen Kurikulum Merdeka Di Sekolah Menengah
Pertama Unggulan Terpadu Bumi Kartini Kabupaten Jepara”. Tesis. Pembimbing:
(1) Dr. Ngasbun Egar, M.Pd; (2) Dr. Nurkolis, MM.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1)bagaimanakah perencanaan
Kurikulum
Merdeka?,
(2)
bagaimanakah
pengorganisasian
Kurikumum
Merdeka?,
(3)
bagaimanakah
pelaksanaan
Kurikulum
Merdeka?,
(4)
bagaimanakah evaluasi Kurikulum Merdeka di SMPUT Bumi Kartini Kabupaten
Jepara?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi Kurikulum Merdeka di SMPUT
Bumi Kartini Kabupaten Jepara.
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) Observasi (2)
wawancara (3) studi dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan teknik triangulasi yang terdiri dari (1) pendumpulan data (2)
reduksi data (3) penyajian data (4) penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa; 1) perencanaan Kurikulum
Merdeka dilakukan sekolah dengan menyusun Kurikulum Operasional Satuan
Pendidika (KOSP), guru dengan menyusun prota, prosem, modul ajar, modul
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dan program ekstrakurikuler. 2)
Pengorganisasian Kurikulum Merdeka dilakukan dengan menyusun pembagian
tugas mengajar, menyusun jadwal pembelajaran, jadwal Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5) dan jadwal ekstrakurikuler, membentuk koordinator
ekstrakurikuler dan koordinator kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5). 3) Pelaksanaan Kurikulum Merdeka dilakulan dengan
melaksanakan kegiatan pembelajaran berdiferensiasi, melaksanakan kegiatan
ekstrakurikuler dan melaksanakan kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5). 4) Evaluasi Kurikulum Merdeka dilakukan dengan melaksanakan
beberapa asesmen, penilaian formatif dan sumatif.
Saran yang dapat disampaikan peneliti antara lain; 1) Manajemen sekolah
dan yayasan perlu menyelenggarakan pelatihan, workshop, IHT, dan sejenisnya
untuk meningkatkan penyusunan perencanaan pembelajaran bagi para guru, 2)
Pendidik di sekolah ini perlu mengembangkan perangkat pembelajaran, dan tidak
sekedar copy paste dari PMM atau MGMP, 3) Dalam pelaksanaan projek
penguatan profil pelajar Pancasila (P5), sekolah perlu mengembangkan tema-tema
yang sesuai dengan budaya, tradisi, dan kearifan lokal Kabupaten Jepara sebagai
lingkungan sekolah, 4) Pihak manajemen sekolah dan yayasan perlu secara
intensif menyelenggarakan pelatihan atau diklat khusus dengan materi
pembelajaran
berdiferensiasi,
agar
semua
guru
mampu
melaksanakan
pembelajaran berdiferensiasi yang merupakan salah satu ciri khas kurikukum
Merdeka.
Kata kunci: asesmen pembelajaran, intrakurikuler, ekstrakurikuler, pembelajaran
berdiferensiasi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:55
Last Modified: 09 Sep 2024 07:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4472

Actions (login required)

View Item
View Item