IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI KELOMPOK BERMAIN AROFAH KECAMATAN SISWODIPURAN KABUPATEN BOYOLALI

WAHYUNI, TRIS (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DI KELOMPOK BERMAIN AROFAH KECAMATAN SISWODIPURAN KABUPATEN BOYOLALI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TRIS WAHYUNI.pdf] Text
TRIS WAHYUNI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu pembelajaran yang beradaptasi dengan era abad 21 yang menuntut
seseorang memiliki ketrampilan inovasi dalam kehidupannya adalah pendidikan
kewirausahaan. Realita di lapangan masih banyak lembaga pendidikan yang
belum memahami dan memberikan stimulasi yang tepat dalam perkembangan
anak usia dini. Kelompok Bermain Arofah di Kecamatan Siswodipuran,
Kabupaten Boyolali, merupakan salah satu sekolah unggulan yang ada di
kabupaten Boyolali dan telah cukup berhasil melaksanakan model pembelajaran
Pendidikan Kwirausahaan sejak tahun 2014. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mendiskripsikan dan menganalisis 1) Nilai – nilai karakter yang
diimplimentasikan dalam pendidikan kewirausahaan di Kelompok Bermain
Arofah Kecamatan Siswodipuran Kabupaten Boyolali, 2) Strategi dalam
implementasi pendidikan kewirausahaan di Kelompok Bermain Arofah
Kecamatan Siswodipuran Kabupaten Boyolali. Metode penelitian yang digunakan
adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif Wawancara,
observasi, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi
dan dokumentasi. Informan yang menjadi narasumber meliputi kepala sekolah,
guru, wali muid dan pengurus Yayasan. Pengecekan keabsahan data dilakukan
melalui teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uraian
dan analisis tersebut didasarkan pada temuan, kejadian, proses dan hasil
penerapan pendidikan kewirausahaan di Kelompok Bermain Arofah. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa 1) Nilai – nilai karakter yang diimplimentasikan
dalam pendidikan kewirausahaan di Kelompok Bermain Arofah Kecamatan
Siswodipuran Kabupaten Boyolali dalam kategori cukup baik. 2) Strategi dalam
implementasi pendidikan kewirausahaan di Kelompok Bermain Arofah
Kecamatan Siswodipuran, Kabupaten Boyolali, dalam kategori cukup baik.
Berdasarkan permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa Implementasi
pendidikan
kewirausahaan
di
Kelompok
Bermain
Arofah
Kecamatan
Siswodipuran Kabupaten Boyolali telah mengimplementasikan nilai – nilai
karakter dalam pendidikan kewirausahaan yang meliputi: 1) mandiri, 2) kreatif, 3)
berani mengambil resiko, 4) berorientasi pada Tindakan, 5) kepemimpinan dan 6)
kerja keras. Strategi dalam implementasi pendidikan kewirausahaan di Kelompok
Bermain Arofah Kecamatan Siswodipuran Kabupaten Boyolali meliputi : 1)
Diintergrasikan dalam seluruh mata pelajaran, 2) Memadukan dengan kegiatan
ekstrakurikuler, 3) Pendidikan kewirausahaan melalui pengembangan diri, 4)
Perubahan Pelaksanaan Pembelajaran Kewirausahaan Dari Konsep/Teori ke
Pembelajaran Praktik Berwirausaha, 5) Pengintegrasian dalam bahan atau buku
ajar, 6) Pengintegrasian melalui kultur sekolah, dan 7) Pengintegrasian melalui
muatan local. Berdasarkan simpulan diatas disarankan kepada : 1) Kepala Sekolah
di Kelompok Bermain Arofah agar meningkatkan pemahaman guru tentang
pendidikan kewirausahaan, 2) Guru di Kelompok Bermain Arofah agar
meningkatkan pemahaman tentang pendidikan kewirausahaan.
Kata kunci : Implentasi, Pendidikan Kewirausahaan, Kelompok Bermain

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:46
Last Modified: 09 Sep 2024 07:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4468

Actions (login required)

View Item
View Item