PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI DENGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS VII SMP DI KOTA SEMARANG

Tukijo, Tukijo (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEKS DESKRIPSI DENGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK SISWA KELAS VII SMP DI KOTA SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Tukijo_22520023.pdf] Text
Tukijo_22520023.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tukijo.2024.”Pengembangan Bahan Ajar Teks Deskripsi dengan Multimedia Pembelajaran
Interaktif untuk Siswa Kelas VII SMP di Kota Semarang”. Tesis. Pembimbing I Dr. Sri Suciati,
M.Hum, Pembimbing II Prof. Dr. Harjito, M.Hum.
Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar pembelajaran teks deskripsi dengan
multimedia pembelajaran interaktif untuk siswa kelas VII SMP. Penelitian dilakukan
menggunakan metode Reseacrh and Development oleh Borg and Gall. Tahap pengembangan
bahan ajar meliputi ; 1) analisis kebutuhan bahan ajar melalui studi pustaka, penyebaran angket,
wawancara, observasi kepada guru dan siswa; 2) tahap perencanaan meliputi kesiapan anggaran,
waktu, dan tenaga; 3) tahap penyusunan draft bahan ajar; 4) tahap uji validasi bahan ajar yang
dilakukan dengan cara menghadirkan pakar atau ahli( expert judgement) dan guru; 5) tahap revisi I
draft bahan ajar; 6) tahap uji coba bahan ajar di dua sekolah penelitian; 7) tahap revisi II bahan
ajar; 8) tahap FGD(Focus Group Discussion) dengan menghadirkan guru, pakar, siswa, dan atasan
langsung secara informal; 9) Tahap revisi III bahan ajar; dan 10) menganalisis hasil uji coba,
menyempurnakan bahan ajar, dan pembuatan laporan. Hasil penilaian validasi pakar 1 94,05%
atau dalam kriteria mendapat predikat sangat layak dan pakar 2 mendapatkan 96,43% atau jika
dikonversikan ke dalam kriteria mendapat predikat sangat layak diujicobakan. Setelah validasi,
bahan ajar diujicobakan di sekolah dan diperoleh hasil dari rekapitulasi respon terhadap bahan ajar
pembelajaran teks deskripsi dengan multimedia pembelajaran interaktif di sekolah 1 mendapat
91,7 % dengan kategori sangat layak, dan di sekolah 2 mendapat 92,2% atau dengan predikat
sangat layak. Dengan demikian pengembangan bahan ajar teks deskripsi dengan multimedia
pembelajaran interaktif untuk siswa kelas VII SMP sangat layak.
Kata Kunci : Bahan Ajar, Teks Deskripsi, Multimedia Pembelajaran Interaktif

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:36
Last Modified: 09 Sep 2024 07:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4464

Actions (login required)

View Item
View Item