Salik, Umdatus (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, PROFESIONALISME GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU SEKOLAH PADA SMP NEGERI DI SUB RAYON 3 KABUPATEN JEPARA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Umdatus Salik.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Salik, Umdatus.2024. Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme
Guru dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Sekolah Di SMP Negeri Sub
Rayon 3 Kabupaten Jepara. Tesis. Pembimbing I Dr. Yovitha Yuliejantiningsih,
M. Pd dan Pembimbing II Dr. Ir. I. Made Sudana, M. Pd., IPM.
Mutu sekolah adalah kemampuan sekolah untuk memberikan pendidikan
berkualitas yang memenuhi kebutuhan dan harapan sesuai dengan perkembangan
zaman dan teknologi. Mutu beberapa SMP Negeri di sub rayon 3 Kabupaten
Jepara kurang maksimal yaitu prestasi siswa pada ujian sekolah belum memenuhi
harapan, belum masuk peringkat lima besar, dan raport mutu masih dibawah
angka ideal. Peningkatan peran kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme
guru dan motivasi kerja guru dapat memberikan pengaruh positif terhadap mutu
sekolah di SMP Negeri sub rayon 3 Kabupaten Jepara.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui besar: (1) pengaruh kepemimpinan
kepala sekolah terhadap mutu sekolah; (2) pengaruh profesionalisme guru
terhadap mutu sekolah; (3) pengaruh motivasi kerja guru terhadap mutu sekolah;
(4) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, motivasi kerja
guru secara bersama sama terhadap mutu sekolah di SMP Negeri sub rayon 3
Kabupaten Jepara.
Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian non eksperimen ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru
SMP Negeri di sub rayon 3 Kabupaten Jepara dengan sampel 302 guru dengan
menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan data
menggunakan metode angket atau kuesioner. Analisis data menggunakan analisis
deskriptif, uji persyaratan serta uji hipotesis yang menggunakan analisis regresi
linier sederhana dan regresi linier berganda dengan program SPSS.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: (1) kepemimpinan kepala sekolah
memiliki pengaruh terhadap mutu sekolah sebesar 47,2 % dan memiliki hubungan
yang kuat dengan nilai korelasi 0,687; (2) profesionalisme guru memiliki
pengaruh terhadap mutu sekolah dengan pengaruh sebesar 45,5% dan memiliki
hubungan yang kuat dengan nilai korelasi 0,674; (3) motivasi guru memiliki
pengaruh terhadap mutu sekolah dengan pengaruh sebesar 8,5% dan memiliki
hubungan yang cukup dengan nilai korelasi 0,291; (4) kepemimpinan kepala
sekolah, motivasi guru memiliki pengaruh secara simultan yang kuat terhadap
mutu sekolah dengan pengaruh sebesar 52,4% dan memiliki hubungan yang kuat
dengan rerata nilai korelasi 0,55.
Disarankan
kepala
sekolah
dapat
meningkatkan
kompetensi
kepemimpinan, profesionalisme guru dan memotivasi kerja guru dalam mencapai
mutu sekolah yang unggul. Implikasi dari penelitian ini adanya program
peningkatan kompentensi kepala sekolah, pengembangan keprofesian sesuai
kebutuhan guru dan pengukuran motivasi kerja guru dengan instrumen yang tepat.
Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, motivasi kerja,
mutu sekolah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 07:26 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 07:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4461 |