PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI TANJUNGSARI 01 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES

NEGARA, WIWIK SUNDARI CINTA (2024) PERAN KEPALA SEKOLAH SEBAGAI MANAJER DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SD NEGERI TANJUNGSARI 01 KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of WIWIK SUNDARI CINTA NEGARA.pdf] Text
WIWIK SUNDARI CINTA NEGARA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Negara, Wiwik Sundari Cinta. 2024. “Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan
Kinerja Guru di SD Negeri Tanjungsari 01 Kecamatan Wanasari Kabupaten
Brebes”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Endang Wuryandini, M.Pd.; (2) Dr. Rasiman,
M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi keberhasilan kepala sekolah SD Negeri
Tanjungsari 01, Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes dalam melaksanakan
perannya sebagai manajer, sehingga sekolah tersebut menjadi sekolah percontohan
kegiatan P5 tingkat Kabupaten. Fokus penelitian ini adalah Peran Kepala Sekolah
Sebagai Manajer dalam Meningkatkan Kinerja Guru Dengan sub fokus meliputi 1)
Perencanaan kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. 2) Pengorganisasian
kepala sekolah dalam meningkatkan kinerja guru. 3) Pelaksanaan kepala sekolah
dalam meningkatkan kinerja guru. 4) Pengawasan kepala sekolah dalam
meningkatkan kinerja guru. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan dan
menganalisis perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan kepala
sekolah dalam meningkatkan kinerja guru.
Metode penelitiannya adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi
kasus dengan menggunakan instrumen pengumpulan data berupa metode observasi,
wawancara dan dokumentasi. Analisis data ditempuh melalui proses pengumpulan
data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan
pengabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik.
Temuan penelitian peningkatan kinerja guru antara lain: 1)Kepala sekolah
telah menetapkan tujuan yang jelas terkait dengan peningkatan kinerja guru
(ketrampilan mengajar,motivasi dan kepiasan kerja) 2) Kepala sekolah mengadakan
pertemuan rutin dengan guru untuk mendiskusikan kemajuan, tantangan dan umpan
balik dari kinerja guru, 3) Kepala sekolah secara aktif menfasilitasi pelatihan yang
terjadwal dan penyediaan dukungan tambahan dalam peningkatan kinerja guru.
4)Kepala sekolah melakukan pembinaan dan evaluasi guru dalam pelaksanan
program peningkatan kinerja guru yang dilakukan secara rutin dlam rapat.
Saran dalm penelitian ini a) Berpartisipasilah aktif dalam proses perencanaan
strategi peningkatan kinerja guru, masukan tentang kebutuhan pelatihan, tantangan
yang dihadapi, dan ide-ide untuk perbaikan yang dapat membantu kepala sekolah
dalam menyusun rencana yang lebih efektif.b) Berkolaborasi dengan kepala
sekolah untuk mengidentifikasi dan mengurangi beban administratif yang tidak
perlu yang mungkin mengganggu waktu guru untuk fokus pada pengajaran.c)
Terlibat dalam pelaksanaan program pelatihan dengan memastikan bahwa materi
yang disediakan relevan dan sesuai dengan kebutuhan praktis pengajaran.
Kata kunci: Peran Kepala Sekolah, Fungsi Manajer, Kinerja Guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 07:10
Last Modified: 09 Sep 2024 07:10
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4455

Actions (login required)

View Item
View Item