IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING PADA SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMAN 1 BREBES KABUPATEN BREBES

PUSPITARINI, YENI (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING PADA SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMAN 1 BREBES KABUPATEN BREBES. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of YENI PUSPITARINI.pdf] Text
YENI PUSPITARINI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Puspitarini, Yeni. 2024. “Implementasi Program Anti Bullying Pada Sekolah
Ramah Anak di SMAN 1 Brebes Kabupaten Brebes”. Pembimbing
(1) Dr. Endang Wuryandini, M. Pd.; (2) Dr. Rasiman, M. Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi
program program anti bullying pada sekolah ramah anak yang selama ini sudah
berjalan di SMAN 1 Brebes. Program ini diterapkan dalam proses pembelajaran
yang dapat diinternalisasikan dalam Pendidikan karakter di SMAN 1 Brebes.
Fokus penelitian ini adalah Implementasi Program Anti Bullying pada Sekolah
Ramah Anak di SMAN 1 Brebes, dengan sub focus meliputi 1) perencanaan
program anti bullying pada sekolah ramah anak di SMAN 1 Brebes, 2)
Pelaksanaan program anti bullying pada sekolah ramah anak di SMAN 1 Brebes,
dan 3) Evaluasi program anti bullying pada sekolah ramah anak di SMAN 1
Brebes. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program anti bullying pada sekolah ramah
anak di SMAN 1 Brebes.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif dengan menggunakan instrument pengumpulan data berupa
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi data.
Hasil penelitian bahwa 1) perencanaan program anti bullying pada sekolah
ramah anak dilakukan dengan analisis kebutuhan atau identifikasi kebutuhan yang
melibatkan seluruh wagra sekolah, membentuk tim pencegahan bullying (TPPK),
pemenuhan hak-hak anak, pembelajaran ramah anak, mewadahi bakat dan minat
anak, melayani kebutuhan anak, memberikan rasa aman dan nyaman pada anak
dan memberikan partisipasi pada anak; 2) Pelaksanaan program anti bullying pada
sekolah ramah anak adalah memasitikan semua aktivitas warga esekolah dapat
menunjukkan bahwa implementasi program anti bullying yang diterapkan secara
komprehensif dan berkelanjutan mampu mengurangi insiden bullying secara
signifikan; dan 3) Evaluasi program anti bullying pada sekolah ramah anak
melalui proses pemantauan, evaluasi dan pelaporan.
Simpulan dalam implementasi program anti bullying pada sekolah ramah
anak telah dilakukan melalui Langkah-langkah atau prosedur yang sesuai dengan
pronsip manajemen yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.
Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini bahwa Kepala Sekolah
diharapkan dapat meningkatkan proses perencanaan dengan indentifikasi yang
lebih matang sehingga program yang disusun sesuai dengan tujuan pelaksanaan
program anti bullying pada sekolah ramah anak.
Kata Kunci: Implementasi, program anti-bullying, sekolah ramah anak,

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:53
Last Modified: 09 Sep 2024 06:53
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4453

Actions (login required)

View Item
View Item