PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, PROFESIONALISME GURU, DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SMA NEGERI DI KABUPATEN REMBANG

RIYATNO, YULI (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, PROFESIONALISME GURU, DAN PERAN KOMITE SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN SMA NEGERI DI KABUPATEN REMBANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of YULI RIYATNO.pdf] Text
YULI RIYATNO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Riyatno, Yuli. 2024. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah,
Profesionalisme Guru, Dan Peran Komite Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu
Pendidikan SMA Negeri di Kabupaten Rembang. Tesis. Pembimbing I:Dr. Widya
Kusumaningsih, M. Pd. dan Pembimbing II: Dr. Soedjono, M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi mutu pendidikan SMA Negeri di
Kabupaten Rembang yang masih rendah. Faktor yang memengaruhi rendahnya
mutu pendidikan SMA Negeri di Kabupaten Rembang adalah kepemimpinan
transformasional kepala sekolah, profesionalisme guru, dan peran komite sekolah.
Penelitian dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui besarnya pengaruh
kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu pendidikan; (2)
Mengetahui besarnya pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu pendidikan;
(3) Mengetahui besarnya pengaruh peran komite sekolah terhadap mutu
pendidikan;
dan
(4)
Mengetahui
besarnya
pengaruh
kepemimpinan
transformasional kepala sekolah, profesionalisme guru, dan peran komite sekolah
terhadap mutu pendidikan.
Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis
penelitian ex post facto.Jumlah sampel penelitian 199 guru dari SMA Negeri di
Kabupaten Rembeng. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup.
Sebelum digunakan untuk mengambil data, angket terlebih dahulu diuji validitas
dan reliabilitas. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linieritas, uji
homogenitas, dan uji multikolinieritas.Uji hipotesis menggunakan analisis regresi
sederhana dan analisis regresi ganda.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa:
(1)
terdapat
pengaruh
kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar
34,9% dan persamaan regresi sederhana Ŷ = 37,905 + 0,598X1; (2) terdapat
pengaruh profesionalisme guru terhadap mutu pendidikan sebesar 35,4% dan
persamaan regresi sederhana Ŷ = 39,929 + 0,582X2; (3) terdapat pengaruh peran
komite sekolah terhadap mutu pendidikan sebesar 17,3%dan persamaan regresi
sederhana Ŷ = 55,674 + 0,453X3; dan (4) terdapat pengaruh kepemimpinan
transformasional kepala sekolah, profesionalisme guru, dan peran komite sekolah
terhadap mutu pendidikan sebesar 48,6% dan persamaan regresi ganda yang
terbentuk adalah Ŷ = 12,760 + 0,342X1 + 0,391X2 + 0,128X3.
Disarankan kepada guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di
kelas sehingga berdampak pada peningkatan mutu pendidikan dari dimensi output
mutu pendidikan. Kepada kepala sekolah disarankan untuk melakukan
pengawasan dan pembimbingan kepada guru sehingga pelaksanaakn pembelajaran
di kelas berjalan dengan efektif.
Kata kunci : mutu pendidikan, kepemimpinan transformasional kepala sekolah,
profesionalisme guru,peran komite sekolah

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 06:44
Last Modified: 09 Sep 2024 06:44
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4451

Actions (login required)

View Item
View Item