MUNNA, IFFATUL (2024) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK MELALUI KEGIATAN KREATIFITAS MENGGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK BUDI RAHAYU DESA SAYUNG TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
IFFATUL MUNNA.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Iffatul Munna, 2024: Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak
Melalui Kegiatan Kreatifitas Menggambar Pada Anak Kelompok B TK Budi
Rahayu Desa Sayung Tahun Pelajaran 2023/2024.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah kemampuan motoric
halus anak usia 5-6 tahun di TK Budi Rahayu masih rendah. Hal ini dikarenakan
proses pembelajaran yang kurang kreatif dan kurang menarik. Kegiatan
pembelajaran hanya berpusat pada lembar kerja atau majalah sehingga anak
kurang tertarik dan cepat bosen dalam kegiatan pembelajaran. Peneitian ini
bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motoric halus anak kelompok B di
TK Budi Rahayu. Peneitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK)
dengan menggunakan kegiatan menggambar. Subjek dan sumber data pada
penelitian ini adalah 15 anak yang terdiri dari 7 anak laki-laki dan 8 anak
Perempuan. Tehnik pengumpulan data dari observasi anak dan dokumentasi.
Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap sikus terdiri dari tiga kali
pertemuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terjadinya peningkatan
kemampuan motorik halus anak dari pra siklus dalam penilaian BSB sebesar
6,67%, pada siklus I meningkatkan menjadi 20% dan meningkat pada siklus II
sebesar 80%. Berdasarkan hasil dapat disimpulkan bahwa kegiatan
menggambar dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak pada
kelompok B di TK Budi Rahayu Desa Sayung. Penelitian ini dinyatakan layak
digunakan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 06:25 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 06:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4446 |