PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN POSITIF GURU, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA

Kurniatin, Yuni (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH, DISIPLIN POSITIF GURU, DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP MUTU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN TODANAN KABUPATEN BLORA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Yuni Kurniatin.pdf] Text
Yuni Kurniatin.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kurniatin, Yuni. 2024. Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Disiplin
Positif Guru, Dan Motivasi Kerja Guru Terhadap Mutu Sekolah Dasar Di
Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Tesis. Pembimbing I Dr. Yovitha
Yuliejantiningsih, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Maryanto, M.Si.
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya mutu sekolah dasar di
Kecamatan Todanan Kabupaten Blora. Faktor-faktor yang memengaruhi mutu
sekolah diantaranya supervisi akademik kepala sekolah, disiplin possitif, dan
motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui besarnya pengaruh
supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar di Kecamatan
Todanan Kabupaten Blora; (2) mengetahui besarnya pengaruh disiplin possitif
terhadap mutu sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora; (1)
mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap mutu sekolah dasar di
Kecamatan Todanan Kabupaten Blora; dan (4) mengetahui besarnya pengaruh
supervisi akademik kepala sekolah, disiplin possitif, dan motivasi kerja Terhadap
mutu sekolah dasar di Kecamatan Todanan Kabupaten Blora.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis
penelitian ex post facto. Penelitian dilakukan di SD Negeri se Kecamatan Todanan
Kabupaten Blora dengan jumlah 45 sekolah dasar pada bulan Oktober 2023
sampai dengan bulan Mei 2024. Populasi penelitian berjumlah 356 guru dan
jumlah sampel penelitian 188 guru. Instrumen penelitian yang digunakan untuk
mengumpulkan data menggunakan angket. Analisis penelitian ini meliputi analisis
uji normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan uji multikolinearitas. Uji
hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang
signifikan supervisi akademik kepala sekolah terhadap mutu sekolah sebesar
36,8%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin possitif terhadap mutu
sekolah sebesar 36,6%%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi kerja
terhadap mutu sekolah sebesar 61,7%; (4) terdapat pengaruh yang signifikan
supervisi akademik kepala sekolah, disiplin possitif, dan motivasi kerja terhadap
mutu sekolah sebesar 63,6%.
Disarankan perencanaan supervisi melibatkan guru sehingga tujuan dari
supervisi sesuai dengan kebutuhan guru. Kepala sekolah diharapkan selalu
memberikan motivasi kepada guru-guru untuk meningkatkan kinerjanya.
Kata kunci : mutu sekolah, supervisi akademik kepala sekolah, disiplin possitif,
motivasi kerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:59
Last Modified: 09 Sep 2024 04:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4439

Actions (login required)

View Item
View Item