PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN BERGAS

Endarini, Amelia Dian (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN BERGAS. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS_22510015_AMELIA DIAN E-dikompresi.pdf] Text
TESIS_22510015_AMELIA DIAN E-dikompresi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Dian Endarini, Amelia. 2024. “Pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan
lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru Taman Kanak-Kanak (TK) di
Kecamatan Bergas”. Tesis. Pembimbing I Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd, dan
Pembimbing II Dr. Rosalina BR. Ginting, M.Si.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan
bahwa kepuasan guru masih rendah. Gaya kepemimpinan kepala sekolah yang
belum baik dan lingkungan kerja yang belum kondusif dapat mempengaruhi
kepuasan kerja guru yang berdampak kepada pencapaian tujuan pendidikan di
sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui adakah pengaruh
gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru TK di
Kecamatan Bergas; (2) untuk mengetahui adakah pengaruh lingkungan kerja
terhadap kepuasan kerja guru TK di Kecamatan Bergas; (3) untuk mengetahui
adakah pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja
terhadap kepuasan kerja guru TK di Kecamatan Bergas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru TK di Kecamatan
Bergas yang berjumlah 114 orang, dengan sampel sebanyak 89 orang guru dengan
menggunakan teknik proportional random sampling. Metode pengumpulan daya
yang digunakan adalah metode kuesioner/angket. Analisis data yang digunakan
adalah analisis deskriptif, uji persyaratan serta uji hipotesis yang meliputi analisis
regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda.
Dari uji hipotesis ditemukan: (1) terdapat pengaruh gaya kepemimpinan
kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru yang dinyatakan dengan persamaan
Ŷ = 14,617 + 0,916 X1 dengan kekuatan korelasi sebesar 0,825 dengan besaran
kontribusi 0,680, artinya bahwa besaran pengaruh variabel X1 terhadap Y adalah
sebesar 68% dan sisanya 32% dipengaruhi oleh faktor lain. Hipotesis pertama
terbukti. (2) terdapat pengaruh lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru
yang dinyatakan dengan persamaan Ŷ = 21,097 + 0,831 X2 dengan kekuatan
korelasi sebesar 0,853 dengan besaran kontribusi 0,728, artinya bahwa pengaruh
variabel X2 terhadap Y sebesar 72,8% dan sisanya 27,8% dipengaruhi oleh faktor
lain. Hipotesis kedua terbukti. (3) terdapat pengaruh gaya kepemimpina kepala
sekolah dan lingkungan kerja terhadap kepuasan kerja guru yang dinyatakan
dengan persamaan Ŷ = 3,766 + 0,461 X1 + 0,522 X2 dengan kontribusi sebesar
0,800, yang artinya nilai ini menunjukkan bahwa 80% kepuasan kerja dipengaruhi
oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan lingkungan kerja dan sisanya 20%
dipengaruhi oleh variabel lain. Hipotesis ketiga terbukti.
Saran dari penelitian ini, bagi kepala sekolah hendaknya melaksanakan
pengawasan secara terencana sampai dengan tindak lanjut. Bagi dinas terkait,
hendaknya dapat memberikan bimbingan teknis penguatan kepemimpinan, tugas
pokok dan fungsi kepala sekolah.
Kata-kata kunci: gaya kepemimpinan kepala sekolah, lingkungan kerja, dan
kepuasan kerja guru

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 04:51
Last Modified: 09 Sep 2024 04:51
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4436

Actions (login required)

View Item
View Item