PUJIASTUTI, PRASETIYANI (2024) IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFILE PELAJAR PANCASILA DIMENSI KEMANDIRIAN DAN GOTONG ROYONG DI SD NEGERI PLOSOGADEN KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Tesis_Prasetiyani Pujiastuti_21510117.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Pujiastuti, Prasetiyani. 2024. Implementasi Projek Penguatan Profile Pelajar
Pancasila Dimensi Kemandirian dan Gotong Royong di SD Negeri
Plosogaden Kabupaten Temanggung. Tesis. Program Studi Manajemen
Pendidikan.
Program
Pascasarjana
Universitas
PGRI
Semarang.
Pembimbing I Dr. Ngasbun Egar, M.Pd dan Pembimbing II Dr. Yovitha
Yuliejantiningsih, M.Pd
Karakter merupakan aspek utama dalam membentuk kualitas seseorang
untuk dapat menjadi insan yang mulia. Pendidikan karakter di sekolah mengacu
pada delapan belas nilai-nilai karakter yang dianggap penting untuk dipahami dan
dihayati oleh siswa. Pendidikan karakter tidak dimulai di sekolah tetapi harus
ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari anak sejak dini salah satunya karakter
kemandiriaan.
Fokus dari penelitian yaitu 1) mendeskripsikan dan menganalisis
penggerakan implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. 2)
mendeskripsikan dan menganalisis pengawasan implementasi Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Plosogaden Kabupaten Temanggung.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini
merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui 1) tahap pra lapangan
atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, 3) analisis data.
Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan
tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggerakkan implementasi
Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah meliputi
perencanaan program P5, pelaksanaan program P5, pengarahan kepala sekolah
dan motivasi kepala sekolah. 2) pengawasan implementasi Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah meliputi membuat
instrumen penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan tindak lanjut.
Penulis menyarankan agar kepala sekolah dan guru sebagaimana bertindak
sebagai pelaku utama pada kegiatan ini senantiasa harus berkolaborasi mulai dari
perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
Kata Kunci: Implementasi Profile Pelajar Pancasila, Karakter Mandiri,
Karakter Gotong Royong
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 04:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4430 |