PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI ESD UNTUK MENINGKATKAN HABITS OF MIND SISWA

MULYANI, TRI (2024) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA KONSEP PENCEMARAN LINGKUNGAN BERORIENTASI ESD UNTUK MENINGKATKAN HABITS OF MIND SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS_TRI_MULYANI_22550009.pdf] Text
TESIS_TRI_MULYANI_22550009.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Tri Mulyani. 2024. “Pengembangan pembelajaran IPA Konsep Pencemaran
Lingkungan Berorientasi ESD unruk meningkatkan Habit of Mind Siswa” Tesis.
Pembimbing: (1) Prof. Dr. Endah Rita Sulistya Dewi, S.Si., M.Si.; (2) Dr.
Muhammad Syaipul Hayat, M.Pd.
Proses pembelajaran IPA berorientasi ESD yang mendukung interaksi
sosial antara siswa, memberikan kesempatan bagi perkembangan karakteristik
habits of mind. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah
karakteristik, kevalidan, kepraktisan dan kefektifan Perangkat pembelajaran IPA
konsep pencemaran lingkungan berorientasi ESD untuk meningkatkan Habits of
Mind Siswa? Sampel dalam peneletian ini adalah siswa kelas VII MTs
Cokroaminoto Madukara dipilih 2 kelas sebagai kelas eksperimen (20 Siswa) dan
kelas kontrol (20 siswa). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian
adalah Research and Development (R&D) dengan model desain pengembangan
ADDIE yang terdiri dari 5 tahap pengembangan yaitu Analysis, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa validitas modul ajar sebesar 92,64%, ATP sebesar 87,92%, LKPD sebesar
95,83%, dan bahan bacaan guru dan siswa sebesar 94,44% dengan kriteria sangat
valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Kemudian kepraktisan modul ajar sebesar
88,25%, ATP sebesar 98,00%, LKPD sebesar 93,63% dan bahan bacaan guru dan
siswa sebesar 99,00% dengan kriteria sangat praktis. Selanjutnya uji efektifitas
perangkat pembelajaran berorientasi ESD untuk meningkatkan Habits of Mind
terhadap peningkatan berfikir kritis diperoleh rerata hasil N gain antara kelas
kontrol sebesar 42% (kurang efektif) sedangkan kelas eksperimen sebesar 67%
(cukup efektif). Selanjutnya uji efektifitas perangkat pembelajaran berorientasi
ESD untuk meningkatkan Habits of Mind siswa terhadap peningkatan berfikir
kreatif diperoleh rerata N gain kelas kontrol sebesar 21% (tidak efektif) dan kelas
eksperimen sebesar 60% (cukup efektif). Kemudian untuk peningkatan self regulasi
siswa dengan angket yang diisi siswa diperoleh hasil rata – rata 80% dengan kriteria
tingkat self regulasi siswa tinggi. Perangkat pembelajaran konsep pencemaran
lingkungan berorientasi ESD dalam Kurikulum Merdeka telah terbukti valid,
praktis, dan efektif dalam meningkatkan Habits of Mind siswa. Namun, perlu
adanya penyesuaian lebih lanjut untuk memaksimalkan efektivitasnya dan
memastikan bahwa semua peserta didik dapat mengambil manfaat maksimal dari
pembelajaran ini.
Kata kunci: ESD, Habits of mind, Perangkat pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:57
Last Modified: 09 Sep 2024 03:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4421

Actions (login required)

View Item
View Item