PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA AKADEMIK, DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PATEBON

DANARTI, WAHYU (2024) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA AKADEMIK, DAN DISIPLIN KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN PATEBON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS_WAHYU DANARTI_NPM. 20510259.pdf] Text
TESIS_WAHYU DANARTI_NPM. 20510259.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Danarti, Wahyu. 2024. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala
Sekolah, Budaya Akademik, dan Disiplin Kerja Guru terhadap Kinerja Guru
Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Patebon Kabupaten Kendal. Tesis.
Pembimbing I Dr. Ngasbun Egar, M.Pd. dan Pembimbing II Dr. Yovitha
Juliejantiningsih. M.Pd.
Kinerja guru dapat dikatakan bermutu bila menghasilkan karya yang baik
dan dapat menghantarkan peserta didik untuk dapat meraih prestasi. Hasil kerja
dan karya yang bermutu dapat terwujud jika didukung oleh sumber daya manusia
yang bermutu.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk menganalisis pengaruh gaya
kepemimpinan transformasional terhadap kinerja guru, 2) untuk menganalisis
pengaruh budaya akademik sekolah terhadap kinerja guru, 3) untuk menganalisis
pengaruh disiplin kerja terhadap kinerja guru, dan 4) untuk menganalisis pengaruh
gaya kepemimpinan transformasional, budaya akademik sekolah dan disiplin
kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru.
Pendekatan penelitian kuantitatif dengan metode survey. Jenis penelitian
korelasional. Populasi penelitian 262 guru dan sampel penelitian 158 guru.
Pengumpulan data dengan angket. Teknik analisis data dengan analisis data
diskriptif, uji prasyarat yang meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas, uji
heteroskedastisitas, uji linieritas dan uji hipotesis meliputi regresi linier sederhana
dan berganda.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa:
1)
gaya
kepemimpinan
transformasional berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 64,6%, dengan
persamaan regresi ŷ = 22,447 + 0,648 x1 dengan nilai koeficient korelasi sebesar
0,745. 2) budaya akademik sekolah berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar
61,2%, dengan persamaan regresi ŷ = 7,182 + 0,586 x2 dengan nilai koefisien
korelasi sebesar 0,782. 3) disiplin kerja terhadap kinerja guru sebesar 66,0%,
dengan persamaan ŷ = 5,063 + 0,931 x3. kemudian nilai koefisien korelasi r
adalah sebesar 0,812. 4) gaya kepemimpinan transformasional, budaya akademik
sekolah dan disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 68,8%,
dengan persamaan ŷ = 5,743 + 0,351 x1 + 0,187 x2 + 1,015 x3 kemudian nilai
koefisien korelasi r adalah sebesar 0,829. simpulan penelitian ini adalah gaya
kepemimpinan transformasional, budaya akademik sekolah dan disiplin kerja
berpengaruh terhadap kinerja guru sebesar 68,8%. Penulis menyarankan agar
kepala sekolah melakukan refleksi dan evaluasi terhadap gaya kepemimpinan
transformasional, budaya akademik sekolah dan disiplin kerja. guru dapat
mengikuti pelatihan dan seminar agar dapat meningkatkan kinerja guru.
Kata Kunci: Kinerja Guru, Gaya Kepemimpinan Transformasional, Budaya
Akademik Sekolah, Disiplin kerja

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 09 Sep 2024 03:36
Last Modified: 09 Sep 2024 03:36
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item
View Item