Ernawati, Evi (2024) SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK PADA KURIKULUM MERDEKA SD KRISTA CITRA KABUPATEN TEMANGGUNG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Tesis-Evi Ernawati 21510089.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Ernawati, Evi. 2024. “Supervisi Akademik Kepala Sekolah dalam
Meningkatkan Kompetensi Pedagogik pada Kurikulum Merdeka SD Krista
Citra Kabupaten Temanggung”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Widya
Kusumaningsih, M.Pd.; (2) Dr. Rosalina Ginting, M.Si.
SD Krista Citra Temanggung telah melaksanakan supervisi akademik pada
kurikulum merdeka dengan efektif sehingga kompetensi pedagogik guru dapat
meningkat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis 1)
perencanaan supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi
pedagogik pada kurikulum merdeka SD Krista Citra Temanggung, 2) pelaksanaan
supervisi akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik
pada kurikulum merdeka SD Krista Citra Temanggung, 3) evaluasi supervisi
akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada
kurikulum merdeka SD Krista Citra Temanggung, dan 4) tindak lanjut supervisi
akademik kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik pada
kurikulum merdeka SD Krista Citra Temanggung.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
fenomenologi. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumen,
dan triangulasi. Analisis data kulaitatif meliputi data collection, data reduction,
data display, conclusion drawing/ verification. Uji keabsahan hasil penelitian
menggunakan teknik triangulasi Data yang diperoleh dari hasil observasi
disesuaikan dengan data wawancara, studi dokumen dan membandingkan data
dari informan.
Hasil penelitian: 1) perencanaan supervisi akademik kepala sekolah
dilakukan secara kooperatif kooperatif, kreatif, komprehensif, fleksibel dan
berkesinambungan melalui rapat koordinasi yang melibatkan seluruh guru . 2)
pelaksanaan supervisi akademik kepala sekolah dilakukan melalui paradigma
coaching fokus pada perbaikan kompetensi pedagogik dengan pemberian
masukan, bimbingan dan motivasi untuk membantu kesulitan guru. 3) evaluasi
supervisi akademik kepala sekolah disampaikan secara umum dan telah
memperhatikan kooperatif, komprehensif, berinterelasi dengan kurikulum dan
menggunakan data yang obyektif. 4) tindak lanjut hasil supervisi akademik kepala
sekolah berupa pemberian motivasi, pembinaan dan solusi dalam menghadapi
problematika pembelajaran melalui analisa kekuatan serta kelemahan.
Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa supervisi akademik kepala
sekolah meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut dapat
meningkatkan kompetensi pedagogik pada kurikulum merdeka di SD Krista Citra
Temanggung. Saran yang direkomendasikan untuk pengembangannya adalah
dengan kolaborasi kepala sekolah dan guru dalam supervisi akademik yang
berkelanjutan dengan meningkatkan kompetensi pedagogik guru pada kurikulum
merdeka.
Kata Kunci: Supervisi Akademik Kepala sekolah, Kompetensi Pedagogik,
Kurikulum Merdeka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:26 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:26 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4416 |