Winarti, Tri (2024) MANAJEMEN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER GOTONG ROYONG DI SD NEGERI BERGAS LOR 01 KECAMATAN BERGAS KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
Tri Winarti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Tri Winarti. 2024. “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter Gotong
Royong di SD Negeri Bergas Lor 01 Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang”
Tesis, Pembimbing I Prof. Dr. A. Y. Soegeng Ysh., M.Pd., dan Pembimbing II
Dr. Ngasbun Egar, M.Pd.
Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan memben-
tuk karakter bangsa yang bermartabat, karena itu penguatan pendidikan karakter
menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.
Salah satu nilai pembentuk karakter adalah gotong royong. Gotong-royong
sebagai sebuah nilai sangat dibutuhkan tidak hanya untuk diri sendiri, namun juga
untuk sesama manusia, bangsa dan negara. Agar program penguatan pendidikan
karakter gotong royong berjalan optimal, efektif dan efisien diperlukan kegiatan
manajemen yang efektif dan efisien.
Fokus penelitian ini adalah “Manajemen Penguatan Pendidikan Karakter
Gotong Royong di SD Negeri Bergas Lor 01 Kecamatan Bergas Kabupaten
Semarang”. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis
perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan penguatan pendidik
an karakter gotong royong di SD Negeri Bergas Lor 01. Penelitian menggunakan
metode deskriptif kualitatif, pengumpulan data meliputi wawancara, observasi,
dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui
proses kondensasi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data
menggunakan uji kredibility, transferability, dependability, dan konfirmability.
Hasil penelitian: (1) perencanaan penguatan pendidikan karakter gotong
royong diawali dengan rapat koordinasi perencanaan program yang diadakan pada
awal Tahun Pelajaran dengan melibatkan kepala sekolah, semua pendidik dan
tenaga kependidikan serta komite. Perencanaan dilakukan melalui: identifikasi
dan analisis kebutuhan yang didasarkan pada lingkungan sekolah dan kebutuhan
peserta didik, penentuan tujuan disesuaikan dengan visi, misi dan tujuan sekolah,
program kegiatan dituangkan dalam RKT maupun RKAS, sekolah menetapkan
kebijakan untuk menentukan skala prioritas dan sosialisasi program; (2)
pengorganisasian dilakukan melalui pengoptimalan pemanfaatan sumber daya
dengan pembagian tugas, wewenang dan tanggung jawab pada seluruh pendidik
dan tenaga kependidikan; (3) pelaksanaan penguatan pendidikan karakter gotong
royong terintegrasi dalam kegiatan intrakurikuler, P5, ekstrakurikuler, dan
pembiasaan; (4) pengawasan penguatan pendidikan karakter gotong royong
dilakukan dengan: (a) pengamatan perilaku peserta didik baik dalam kegiatan
intrakurikuler, Projek Profil Pelajar Pancasila, ekstrakurikuler dan pembiasaan;
(b) pengawasan melibatkan semua komponen sekolah; (c) pengawasan diberikan
melalui penilaian akademik yaitu nilai raport peserta didik, nilai Projek Penguatan
Profil Pelajar Pancasila dan nilai ekstrakurikuler.
Kesimpulan: manajemen penguatan pendidikan karakter gotong royong di
SD Negeri Bergas Lor 01 dilakukan dengan menerapkan empat fungsi manajemen
yaitu: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan.
Kata kunci: Manajemen, penguatan pendidikan karakter, dan gotong royong.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 03:14 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 03:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4415 |