HANDAYANI, YETTY (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM ANTI BULLYING PADA SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA NEGERI 1 KENDAL. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
YETTY HANDAYANI.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Handayani, Yetty. 2023. Implementasi Program Anti Bullying pada Sekolah
Ramah Anak di SMA Negeri 1 Kendal. Program Studi Manajemen
Pendidikan (S2) Pascasarjana Universitas
PGRI Semarang 2023.
Pembimbing I Dr. Maryanto, M.Si, Pembimbing II Dr. Noor Miyono, M.Si.
Sekolah merupakan salah satu tempat bagi anak untuk tumbuh dan
berkembang selain lingkungan keluarga dan lingkungan bermainnya. Sehingga
jangan sampai timbul dan muncul kekerasan yang dialami oleh ketika di sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis 1) perencanaan
implementasi program anti bullying sekolah ramah anak, 2) pelaksanaan
impelementasi program anti bullying sekolah ramah anak dan, 3) evaluasi
implementasi program anti bullying sekolah ramah anak di SMA Negeri 1 Kendal.
Metode penelitian yang digunakan menggunakan pendekatan kualitatif.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumetasi,
teknik analisis data menggunakan teori Milles and Hubermen yang terdiri dari
pengumpulan
data,
kondensasi
data,
penyajian
data
dan
penarikan
simpulan/verifikasi. Adapun uji keabsahan yang digunakan adalah triangulasi
sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian bahwa 1) perencanaan program anti bullying sekolah ramah
anak melakukan analisis kebutuhan atau pemetaan kebutuhan yang melibatkan
seluruh warga sekolah, membentuk tim sekolah ramah anak, menerapkan 3P yaitu
Provisi, Proteksi, dan Partisipasi yang menitikberatkan pada kepentingan anak,
perlindungan anak, jauh dari tindakan bullying, pemenuhan hak-hak anak,
pembelajaran ramah anak, mewadahi bakat dan minat anak, melayani kebutuhan
anak, memberikan rasa aman dan nyaman pada anak, memberikan ruang
partisipasi bagi anak. 2) Pelaksanaan program anti bullying sekolah ramah anak
adalah memastikan semua aktivitas guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik
secara individu maupun kelompok dapat bersatu mewujudkan sekolah ramah anak
anti bullying, yang terintegrasi ke dalam rencan anggaran dan kegiatan sekolah 3)
Evaluasi program anti bullying sekolah ramah anak. evaluasi di lakukan melalui
proses pemantauan, evaluasi dan pelaporan.
Simpulan implementasi program anti bullying sekolah ramah anak telah
dilakukan melalui langkah-langkah atau prosedur yang sesuai dengan prinsip
manajemen yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu, perencanaan pelaksanaan dan
pengawasan. Penulis menyarankan agar kepala sekolah diharapkan lebih
memperhatikan dalam hal perencanaan pelaksanaan serta pengawasan. Guru
diharuskan untuk selalu siap dalam pelaksanaan kegiatan.
Kata Kunci: Sekolah Ramah Anak, Anti Bullying
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:54 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:54 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4412 |