Lustiawati, Yuni (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN KUALITAS SARANA PRASARANA TERHADAP MUTU SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
Yuni Lustiawati.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
Yuni Lustiawati. 2024. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah
Kompetensi Profesional Guru dan Kualitas Sarana Prasarana Pada Sekolah Dasar Negeri
di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Tesis Program Studi Manajemen
Pendidikan, Program Magister Pascasarjana Universitas PGRI Semarang, Pembimbing (1)
Dr. Ghufron Abdullah, M. Pd (2) Dr. I Made Sudana, M. Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan mutu sekolah
dasar di Kecamatan Kedungtuban masih rendah. Kepemimpinan Transformasional Kepala
Sekolah, Kompetensi Profesional Guru dan Kualitas Sarana Prasana merupakan faktor
yang mempengaruhi mutu sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian
ex post facto. Populasi penelitian adalah semua guru sekolah dasar di Kecamatan
Kedungtuban Kabupaten Blora berjumlah 264 guru dan sampel penelitian 159 guru.
Analisis penelitian ini meliputi analisis uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas,
dan uji heteroskedastisitas. Uji hipotesis meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi
ganda.
Hasil penelitian adalah: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional
kepala sekolah terhadap mutu sekolah dasar yang dinyatakan dengan persamaan regresi
sederhana Y= 4,714 + 0,966X1. dengan kontribusi sebesar 98,8%; (2) terdapat pengaruh
kompetensi profesional guru terhadap mutu sekolah dasar yang dinyatakan dengan
persamaan regresi sederhana Y= 4,479 + 0,674X2, dengan kontribusi sebesar 98,8%; (3)
terdapat pengaruh kualitas sarana prasarana terhadap mutu sekolah yang dinyatakan
dengan persamaan regresi sederhana Y= 0,228+0,996X3 dengan kontribusi sebesar 96,1%;
dan (4) terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah kompetensi
profesional guru dan kualitas sarana prasarana secara bersama-sama terhadap mutu
sekolah
dasar
yang
dinyatakan
dengan
persamaan
regresi
ganda
Y=
2,866+0,497X1+0,210X2+0,181X3 dengan kontribusi sebesar 98,8%.
Saran dari peneliti adalah: (1)Dinas pendidikan perlu menggunakan data
kompetensi guru sebagai acuan peningkatan mutu guru sekolah dasar; (2) Kepala sekolah
memberikan contoh nyata budaya sekolah yang positif kepada guru khusus pada dimensi
edukator, penguatan peran kepala sekolah dalam meningkatkan kerjasama guru sehingga
program yang dicanangkan sekolah dapat lebih mudah dilaksanakan; dan (3) Guru
disarankan meningkatkan profesional secara berkelanjutan berdasarkanstandar yang tinggi
dan kode etik profesi guru.
Implikasinya hasil penelitian mengenai variabel Kepemimpinan Transformasional Kepala
Sekolah yang diduga mempunyai pengaruh dengan Mutu Sekolah, ternyata menunjukkan pengaruh
yang signifikan, kedua variabel tersebut, variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah
memberikan kontribusi terhadap variabel mutu sekolah yang ditentukan oleh indikator
perencanaan yang kurang baik.
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Kompetensi Profesional
Guru, Kualitas Sarana Prasarana Dan Mutu Sekolah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 02:44 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 02:44 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4411 |