Wahyudi, Miftah Sri (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK, IKLIM SEKOLAH, DAN KEMAMPUAN TIK TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK NEGERI DI KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
TESIS -MIFTAH.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (19MB)
Abstract
Wahyudi, Miftah Sri. 2024. Pengaruh Supervisi Akademik, Iklim Sekolah, Dan
Kemampuan TIK Terhadap Kompetensi Pedagogik Guru SMK Negeri Di
Kabupaten Blora. Tesis. Pembimbing I: Dr. Widya Kusumaningsih, M. Pd. dan
Pembimbing II: Dr. Soedjono, M.Si.
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kompetensi pedagogik guru SMK
Negeri di Kabupaten Blora yang disebabkan supervisi akademik yang kurang baik,
iklim sekolah kurang mendukung, dan kemampuan TIK guru yang masih rendah.
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh supervisi akademik
terhadap kompetensi pedagogik guru; (2) pengaruh iklim sekolah terhadap
kompetensi pedagogik guru; (3) pengaruh kemampuan TIK terhadap kompetensi
pedagogik guru; dan (4) pengaruh supervisi akademik, iklim sekolah, dan
kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ex
post facto. Jumlah sampel penelitian adalah 173 guru. Teknik pengumpulan data
menggunakan angket tertutup dengan menggunakan skala linkert. Uji prasyarat
analisis penelitian ini meliputi uji normalitas, uji liniearitas, uji homogenitas, dan
uji multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan uji
regresi ganda.
Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) terdapat pengaruh supervisi
akademik terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten Blora
sebesar 39,0% dengan kontribusi tertinggi adalah dimensi pelaksanakan supervisi
akademik dan kontribusi terendah adalah dimensi perencanaan supervisi akademik;
(2) terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru SMK
Negeri di Kabupaten Blora sebesar 38,8% dengan kontribusi tertinggi adalah
dimensi proses belajar dan kontribusi terendah adalah dimensi keamanan; (3)
terdapat pengaruh kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru SMK
Negeri di Kabupaten Blora sebesar 68,2% dengan kontribusi tertinggi adalah
dimensi kompetensi dan pengetahuan dalam pemanfaatan TIK dan kontribusi
terendah adalah dimensi memanfaatkan TIK dalam proses pembelajaran; dan (4)
terdapat pengaruh yang tidak signifikan supervisi akademik, iklim sekolah, dan
kemampuan TIK terhadap kompetensi pedagogik guru SMK Negeri di Kabupaten
Blora sebesar 69,3% dengan kontribusi tertinggi adalah variabel kemampuan TIK
dan kontribusi terendah adalah variabel supervisi akademik.
Disarankan kepada guru untuk meningkatkan kompetensi pedagogik
khususnya
dalam
menyusun
perencanaan
pembelajaran,
meningkatkan
kewaspadaan di lingkungan sekolah terkait keamanan terhadap siswa-siswanya,
dan meningkatkan kemampuan TIK sehingga dapat dimanfaatkan dalam kegiatan
belajar mengajar.
Kata kunci: supervisi akademik, iklim sekolah, kemampuan TIK, kompetensi
pedagogik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 08:25 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 08:25 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4409 |