PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP SE KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG

Fikria, I’anatul (2024) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN BUDAYA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP SE KECAMATAN TERSONO KABUPATEN BATANG. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of TESIS I'anatul Fikria.pdf] Text
TESIS I'anatul Fikria.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Fikria, I’anatul 2024. “Pengaruh Supervisi Akademik dan Budaya Sekolah
Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menegah Pertama si Kecamatan Tersono
Kabupaten Batang”. Tesis. Pembimbing I Dr. Ghufron Abullah, M.Pd. dan
Pembimbing II Dr. Soedjono, M.Si
Keberhasilan kinerja guru sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala
sekolah dalam mengelola tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di sekolah.
Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang berpengaruh
dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah bertanggung jawab atas
penyelenggaraan kegiatan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga
pendidik, melakukan supervisi akademik dan mengembangkan budaya sekolah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh supersisi akademik
terhadap kinerja guru (2) mengetahui pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja
guru (3) mengetahui pengaruh supersisi akademik dan budaya sekolah secara
bersama-sama terhadap kinerja guru SMP di Kecamatan Tersono Kabupaten
Batang.
Populasi penelitian ini adalah guru pada 7 SMP di Kecamatan Tersono
Kabupaten Batang yang berjumlah 141 orang, sampel 104 guru yang dipilih
dengan teknik proportional random sampling pada tiap sekolah. Uji validitas,
reliabilitas dan analisa data diskriptif, uji regresi tunggal dan regresi ganda
menggunakan program SPSS for Windows versi 23.
Temuan hasil penelitian: (1) pengaruh supersisi akademik terhadap kinerja
guru sebesar 88,4% dengan persamaan regresi Ŷ = 27.455 + 0,635 X1, (2)
pengaruh budaya sekolah terhadap kinerja guru sebesar 92,2% dengan persamaan
regreai Ŷ = 34,122+ 0,301X2. (3) pengaruh supersisi akademik dan budaya
sekolah secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 92,8% dengan
persamaan regresi Ŷ = 47,159 + 0,304X1 + 0,765X2,
Berdasarkan temuan di atas maka: (1) kepala sekolah mengintesifkan
evaluasi hasil supervisi, (2) kepala sekolah meningkatkan pengawasan dalam
tugas pokok kerja guru, (3) guru meningkatkan keterlibatan dalam kegiatan
sekolah.
Kata Kunci: supervisi akademik, budaya sekolah, kinerja guru

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:59
Last Modified: 04 Sep 2024 07:59
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4405

Actions (login required)

View Item
View Item