SUYATNO, SUYATNO (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA SEKOLAH PENGGERAK DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PAGERGUNUNG KECAMATAN PAGERUYUNG KABUPATEN KENDAL. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
SUYATNO.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Suyatno. NPM. 21510022. Implentasi Kurikulum Merdeka pada Sekolah
Penggerak di Sekolah Dasar Negeri 2 Pagergunung Kecamatan Pageruyung
Kabupaten Kendal. Program Studi Manajemen Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2023. Pembimbing 1 Dr. Nurkolis, M.M. Pembimbing 2 Dr. Yovita
Yuliejantiningsih, M.Pd.
Rumusan masalah ini adalah 1) Bagaimana perencanaan program
kurikulum merdeka di SD Negeri 2 Pagergunung Kecamatan Pageruyung 2)
Bagaimana pelaksanaan program kurikulum merdeka di SD Negeri 2
Pagergunung Kecamatan Pageruyung 3) Bagaimana evaluasi program kurikulum
merdeka di SD Negeri 2 Pagergunung Kecamatan Pageruyung.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data
menggunakan teori Miles and Huberman (reduksi data, penyajian data, verifikasi )
uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Perencanaan program kurikulum
merdeka di SD Negeri 2 Pagergunung Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal
adalah a) Menyusun Visi, Misi Sekolah dan Tujuan Sekolah; b) Menyusun
RKJM, RKT, RKAS sesuai dengan kebutuhan sekolah; c) Merancang dimensi,
tema, dan alokasi waktu projek penguatan profil pelajar pancasila; d) Membuat
modul kegiatan prioritas project; e) merencanakan pendampingan dalam
pelaksanaan projek, 2) Pelaksanaan program kurikulum merdeka di SD Negeri 2
Pagergunung Kecamatan Pageruyung Kabupaten Kendal dilakukan dengan a)
pembelajaran berpusat pada siswa, dimana keterlibatan siswa secara aktif menjadi
prioritas utama dalam model pembelajaran; b) pembelajaran berbasis Project
Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan sasaran capaian 5 dimensi utama
yaitu beriman dan bertaqwa kepada tuhan YME, mandiri, bergotong royong,
berbineka tunggal ika, berkebinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif. c)
Pembelajaran dengan kolaborasi lingkungan dimana proses pembelajaran
melibatkan partisipasi semua pihak eksteren sebagai lingkungan sekolah, 3)
Evaluasi program kurikulum merdeka di SD Negeri 2 Pagergunung Kecamatan
Pageruyung Kabupaten Kendal dilaksanakan dengan model assesmen yang
meliputi a) penilaian formatif yang dilakukan selama proses pembelajaran untuk
memberikan umpan balik kepada siswa dan guru tentang kemajuan belajar
mereka; b) Penilaian sumatif. Hasil penilaian sumatif digunakan untuk
mengevaluasi tingkat pemahaman siswa, memberikan penilaian akhir, dan
memberikan informasi tentang capaian pembelajaran secara keseluruhan.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum merdeka, Sekolah penggerak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:36 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:36 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4398 |