Supartiningsih, Supartiningsih (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL DAN PEMANFAATAN PMM TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMA NEGERI DI SUB RAYON BATANG BARAT KABUPATEN BATANG. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
Supartiningsih_TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
SUPARTININGSIH. 2024. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala
Sekolah dan Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar terhadap Kompetensi
Pedagogik Guru SMA Negeri di Sub Rayon Batang Barat Kabupaten Batang.
Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I: Dr. Ghufron
Abdullah, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Nurkolis, M.M.
Latar belakang masalah penelitian ini terkait dengan kompetensi pedagogik
guru SMA Negeri di Sub Rayon Batang Barat Kabupaten Batang yang kurang
baik dalam memahami siswa secara mendalam, merancang pembelajaran,
melaksanakan pembelajaran, merancang dan melaknakan evaluasi pembelajaran,
mengembangkan potensi peserta didik. Kepemimpinan transformasional kepala
sekolah dan pemanfaatan platform merdeka mengajar (PMM) belum mampu
optimal meningkatkan kompetensi pedagogic guru. Berdasarkan penjelasan di
atas, maka dilaksanakan penelitian pengaruh kepemimpinan transformasional
kepala sekolah dan pemanfaatan PMM terhadap kompetensi pedagogik guru SMA
Negeri di Sub Rayon Batang Barat Kabupaten Batang.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kepemimpinan
transformasional kepala sekolah terhadap kompetensi pedagogik guru, (2)
pengaruh pemanfatan PMM terhadap kompetensi pedagogik guru, (3) pengaruh
secara simultan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan pemanfaatan
PMM terhadap kompetensi pedagogik guru.
Populasi 196 orang, sampel sebanyak 130 orang. Uji instrumen yang
digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas. Uji asumsi klasik/prasyarat
menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji linearitas, dan uji
heteroskedastisitas. Analisis data menggunakan uji regresi, uji F dan uji t.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1)
kepemimpinan transformasional kepala sekolah berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kompetensi pedagogik guru SMA Negeri di Sub Rayon
Batang terbukti dengan nilai Sig sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung 10,828 > ttabel
1,979. Besarnya pengaruh yaitu 66,7 %; (2) pemanfaatan platform merdeka
mengajar (PMM) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kompetensi
pedagogik guru SMA Negeri di Sub Rayon Batang Barat terbukti dengan nilai Sig
0,005 < 0,05 dan thitung 7,738 > ttabel 1,979. Besarnya pengaruh yaitu 51,9 %; (3)
kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan pemanfaatan PMM
berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap kompetensi
pedagogik guru terbukti dengan nilai Fhitung 47,033 > Ftabel 3,070 dengan tingkat
signifikansi 0,000 < 0,05. Besarnya pengaruh sebesar 62,6 %.
Saran yang diajukan peneliti adalah: (1) bagi kepala sekolah, mampu terus
meningkatkan kepemimpinan transformasionalnya, terutama dimensi motivasi
inspirasional dan mendorong guru memanfaatakan PMM; (2) bagi guru, mampu
meningkatkan kompetensinya terutama pengembangan potensi peserta didik,
salah satunya dengan mengoptimalkan pemanfaatan PMM.
Kata kunci: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah,
Pemanfaatan PMM, Kompetensi Pedagogik Guru
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:32 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:32 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4396 |