Munfaida, Munfaida (2024) PENGARUH PERAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI PEDAGOGIK, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN KEDUNGTUBAN KABUPATEN BLORA. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
Munfaida.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (5MB)
Abstract
Munfaida. 2024. Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Dan
Motivasi Kerja Terhadap Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Di Kecamatan
Kedungtuban Kabupaten Blora. Tesis. Pembimbing I Dr. Ghufron Abdullah,
M.Pd. dan Pembimbing II Dr. I Made Sudana, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan yang menunjukkan
rendahnya mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten
Blora. Peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan motivasi kerja
merupakan faktor yang mempengaruhi rendahnya mutu pendidikan.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui besarnya pengaruh peran
kepala sekolah terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan
Kedungtuban Kabupaten Blora; (2) mengetahui besarnya pengaruh kompetensi
pedagogik terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban
Kabupaten Blora; (3) mengetahui besarnya pengaruh motivasi kerja terhadap
mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora; (4)
mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan
motivasi kerja terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan
Kedungtuban Kabupaten Blora.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis
penelitian asosiatif. Jumlah sampel dalam penelitian adalah 159 guru sekolah
dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Pengumpulan data
menggunakan angket yang sudah diuji validitas dan reliabilitas. Uji hipotesis
penelitian meliputi uji regresi sederhana dan uji regresi ganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh peran kepala
sekolah terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban
Kabupaten Blora sebesar 62,7%; (2) terdapat pengaruh kompetensi pedagogik
terhadap mutu pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten
Blora sebesar 56,8%; (3) terdapat pengaruh motivasi kerja terhadap mutu
pendidikan sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar
57,7%; (4) terdapat pengaruh peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik, dan
motivasi kerja sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora sebesar
64,4%.
Disarankan kepada guru untuk meningkatkan kemampuannya dalam
melaksanakan kegiatan pembelajaran yang mendidik. Guru harus dapat menyusun
perencanaan pembelajaran yang mampu membuat kegiatan pembelajaran menjadi
nyaman dan menyenangkan bagi siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat
tercapai sesuai harapan.
Kata kunci : mutu pendidikan, peran kepala sekolah, kompetensi pedagogik,
motivasi kerja
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:22 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4391 |