LESTARININGTYAS, LESTARININGTYAS (2024) PENGEMBANGAN MANAJEMEN BERBASIS DATA (SMART-PKBM) UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PADA PKBM DI KOTA SALATIGA. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
Full text not available from this repository.Abstract
Lestariningtyas. 2024. “Pengembangan Manajemen Berbasis Data (SMART-
PKBM) untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik pada PKBM di
Kota Salatiga”. Tesis. Pembimbing: (1) Dr. Widya Kusumaningsih, M.Pd.;
(2) Dr. Rosalina BR. Ginting, M.Si.
Latar belakang penelitian ini adalah proses pengelolaan PKBM masih
menggunakan metode konvensional dalam proses penyimpanan, pengolahan, serta
penyampaian informasi yang terjadi pada PKBM mengenai penyimpanan arsip
data warga belajar. Dari permasalahan tersebut sering terjadi kesalahan dan
kehilangan data yang ditulis secara manual di buku induk sekolah dan
mengakibatkan rendahnya kualitas pelayanan publik pada PKBM di Kota
Salatiga. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengembangan
manajemen berbasis data untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan
menggunakan perangkat lunak SMART-PKBM pada PKBM di Kota Salatiga. (2)
Untuk mengetahui keefektifan manajemen berbasis data untuk meningkatkan
kualitas pelayanan publik dengan menggunakan perangkat lunak SMART-PKBM
pada PKBM di Kota Salatiga.
Metode pengembangan yang digunakan menggunakan ADDIE yang
terdiri dari 5 langkah yaitu Analysis (analisis), Design (desain), Development
(pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Uji
coba penelitian ini adalah seluruh PKBM di Kota Salatiga. Metode pengumpulan
data yang dilakukan adalah metode observasi, wawancara, dan angket. Analisis
data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji t dua pihak.
Nilai rerata peningkatkan kualitas pelayanan publik pada PKBM di Kota
Salatiga yaitu 85%, yang menunjukkan efektivitas sistem ini dalam meningkatkan
pelayanan di PKBM. Angket juga dianalisis menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas, dan uji t dua pihak. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa kedua
belas PKBM berdistribusi normal, dengan nilai Lhitung pada kelas eksperimen
0,9858 ≤ Ltabel 0,242. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua belas
homogen, dengan nilai χ2 hitung 1 < χ2 tabel 2,817. Selanjutnya, hasil uji t dua
pihak menunjukkan bahwa rerata kebermanfaatan, dengan ttabel = 0,003784 dan
thitung = 0,05, yang artinya dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan
keefektifan bagi pengguna (PKBM). SMART-PKBM yang praktis dan menarik
menjadikan pengguna lebih mudah dalam pelayanan arsip data, nilai/rapor serta
arsip digital ijazah warga belajar.
Saran dari penelitian ini bagi PKBM di Salatiga dapat menggunakan
sistem SMART-PKBM untuk peningkatkan kualitas pelayanan publik pada
PKBM di kota Salatiga sebagai inovasi dalam meningkatkan daya saing PKBM,
memperkuat hubungan dengan masyarakat, dan memberikan kontribusi positif
terhadap peningkatan kesejahteraan dan kualitas pendidikan di tingkat lokal.
Kata kunci: Transformasi Digital, Warga Belajar PKBM, Rapor, Ijazah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 07:18 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 07:18 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4389 |