PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROYEK IPAS DENGAN PENDEKATAN STEAM BERORIENTASI ESD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KESADARAN KEBERLANJUTAN

Siskawati, Dyah (2024) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PROYEK IPAS DENGAN PENDEKATAN STEAM BERORIENTASI ESD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF DAN KESADARAN KEBERLANJUTAN. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Dyah Siskawati _22550002.pdf] Text
Dyah Siskawati _22550002.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Dyah Siskawati.2024.” Pengembangan Perangkat Pembelajaran Proyek
IPAS Dengan Pendekatan STEAM Berorientasi ESD Untuk Meningkatkan
Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kesadaran Keberlanjutan”. Tesis.
Pembimbing: (1) Dr. Nur Khoiri, S.Pd., MT, M.Pd.; (2) Dr. Muhammad
Syaipul Hayat, S.Pd., M.Pd.
Pembelajaran
dengan
pendekatan
STEAM
beroirentasi
ESD
dikembangkan dalam rangka memfasilitasi peserta didik lebih kreatif dan
mempunyai kesadaran keberlanjutan dalam bekerja secara ilmiah
memecahkan permasalahan dengan mengintegrasikan tiga aspek ESD pada
mata Pelajaran Proyek IPAS. Penelitian ini bertujuan mengetahui
Karakteristik,
Validitas,
Kepraktisan
dan
Efektivitas
perangkat
pembelajaran proyek IPAS dengan pendekatan STEAM yang berorientasi
ESD untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan kesadaran
keberlanjutan peserta didik. Penelitian dilakukan di Sekolah Menengah
Kejuruan kelas X Jurusan Desain Tata Busana di Kabupaten Semarang
pada dua kelas yang berbeda. Pemilihan sampel penelitian menggunakan
teknik Convenience Sampling, terdiri dari lima tahapan. Instrumen yang
digunakan terdiri dari dua jenis instrument yaitu tes dan non tes.
Berdasarkan hasil validasi ahli diperoleh kategori layak digunakan dengan
rerata validasi ATP 3.75%, Modul Ajar 91,88%, LKPD 94,79% dan
Instrumen Penilaian 95,31%. Hasil penelitian pengembangan perangkat
pembelajaran berorientasi ESD diperoleh skor kepraktisan rata – rata
dilihat dari aktivitas guru 94% kategori sangat baik dan aktivitas peserta
didik sebesar 93,4% kategori sangat baik. Peningkatan keterampilan
berpikir kreatif diperoleh dari perhitungan N-Gain pada hasil pre-test dan
post-test. dengan skor N-Gain rata – rata sebesar 0,86 dengan kategori
tinggi. Dari hasil analsis dapat disimpulkan bahwa Perangkat Pembelaran
Proyek IPAS berorientasi ESD memiliki karakteristik khusus berorientasi
ESD dengan Kevalidan yang sangat valid, Kepraktisan yang sangat praktis
dan memiliki Keefektifan penggunaan perangkat pembelajaran yang
terbukti sangat efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif
dan kesadaran keberlanjutan peserta didik terhadap penyelesaian
permasalahan yang mereka hadapi.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, STEAM, ESD, Kesadaran
Keberlanjutan, keterampilan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan IPA (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:08
Last Modified: 04 Sep 2024 07:08
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4385

Actions (login required)

View Item
View Item