MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 KERTEK KABUPATEN WONOSOBO

NURAENI, DYAH (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER MANDIRI DALAM IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMP NEGERI 1 KERTEK KABUPATEN WONOSOBO. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DYAH NURAENI.pdf] Text
DYAH NURAENI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Nuraeni,
Dyah.
2024.
Manajemen
Pendidikan
Karakter
Mandiri
Dalam
Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1
Kertek Kabupaten Wonosobo. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan.
Program Pascasarjana Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Dr.
Nurkolis, M.M, dan Pembimbing II Dr. Ir. I Made Sudana, M.Pd., IPM,
Karakter merupakan aspek utama dalam membentuk kualitas seseorang
untuk dapat menjadi insan yang mulia. Pendidikan karakter di sekolah mengacu
pada delapan belas nilai-nilai karakter yang dianggap penting untuk dipahami dan
dihayati oleh siswa. Pendidikan karakter tidak dimulai di sekolah tetapi harus
ditanamkan dalam kehidupan sehari-hari anak sejak dini salah satunya karakter
kemandiriaan.
Fokus dari penelitian yaitu mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian,
penggerakan
dan
pengawasan
manajemen
pendidikan
karakter
dalam
implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Kertek
Kabupaten Wonosobo.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian ini
merupakan studi kasus. Desain penelitian kualitatif melalui1) tahap pra lapangan
atau orientasi, 2) tahap pekerjaan lapangan atau eksplorasi fokus, 3) analisis data.
Teknik
pengumpulan
data
yaitu
wawancara,
observasi
dan
dokumentasi.
Penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan metode. Analisis data dengan
tiga langkah: reduksi data, menyajikan data, dan menarik simpulan.
Hasil
penelitian
menunjukkan
bahwa:
1)
perencanaan
manajemen
pendidikan
karakter
dalam
implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila dilakukan dengan prosedur perencanaan meliputi identifikasi kebutuhan,
program sekolah, prioaritas program sekolah, dan sosialisasi program sekolah. 2)
pengorganisasian manajemen pendidikan karakter dalam implementasi Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan dengan prosedur pengorganisasian
meliputi penempatan sumber daya sekolah, pengembangan organisasi, penugasan
dan pendelegasian wewenang. 3) penggerakkan manajemen pendidikan karakter
dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh
kepala sekolah meliputi pengarahan kepala sekolah dan motivasi kepala sekolah. 4)
pengawasan
manajemen
pendidikan
karakter
dalam
implementasi
Proyek
Penguatan Profil Pelajar Pancasila dilakukan oleh kepala sekolah meliputi
membuat penilaian, evaluasi kegiatan pelaksanaan, dan tindak lanjut.
Penulis menyarankan agar kepala sekolah dan guru sebagaimana bertindak
sebagai pelaku utama pada kegiatan ini senantiasa harus berkolaborasi mulai dari
perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi.
Kata Kunci: Manajemen Pendidikan Karakter, Implementasi Profile Pancasila,
Karakter Mandiri

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 07:03
Last Modified: 04 Sep 2024 07:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4383

Actions (login required)

View Item
View Item