ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA

Fitriannisa, Farrah Adhaban (2024) ANALISIS IMPLEMENTASI PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN RANDUBLATUNG KABUPATEN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of FARRAH ADHABAN FITRIANNISA.pdf] Text
FARRAH ADHABAN FITRIANNISA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FARRAH
ADHABAN
FITRIANNISA.
NPM
20120151.
“Analisis
Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Negeri
Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan
Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu Berdasarkan keputusan
Menteri Nomor 262/M/2022 tentang pedoman penerapan kurikulum dalam rangka
pemulihan pembelajaran, dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang
disingkat P5. Implementasi Projek penguatan profil pelajar pancasila berperan
penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ideal disekolah dasar
negeri.
Permasalahan penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Pembentukan tim
fasilitator projek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar negeri
kecamatan Randublatung?, 2) Bagaimana pengidentifikasian tingkat kesiapan
satuan pendidikan Sekolah dasar negeri di kecamatan Randublatung?, 3)
Bagaimana perancangan dimensi, tema dan alokasi waktu projek penguatan profil
pelajar pancasila di sekolah dasar negeri Kecamatan Randublatung?, 4)
Bagaimana penyusunan modul dan tujuan pembelajaran projek penguatan profil
pelajar pancasila di sekolah dasar negeri kecamatan Randublatung?, 5) Bagaimana
pengembangan topik, alur aktivitas dan asesmen P5 di sekolah dasar negeri
Kecamatan Randublatung? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu
sekolah dasar negeri di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora mampu untuk
mengimplementasikan kegiatan P5 secara ideal dimulai dari membentuk tim
fasilitator, mengidentifikasi tahapan kesiapan satuan pendidikan, merancang tema
dan alokasi waktu pelaksanaan kegiatan P5, menyusun modul serta tujuan
pembelajaran dan mengembangkan topik, alur aktivitas, asesmen P5.
Jenis penelitian ini adalah Kualitatif Naturalistik. Data penelitian diperoleh
melalui angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah guru
penggerak di sekolah dasar negeri Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora.
Hasil analisis angket atau kuesioner penelitian menunjukkan bahwa sekolah
dasar
negeri
di
Kecamatan
Randublatung
Kabupaten
Blora
telah
mengimplementasikan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) mulai dari 1)
tahap pembentukan tim fasilitator P5, 2) tahapan kesiapan satuan pendidikan, 3)
perancangan dimensi, tema dan alokasi waktu P5, 4) penyusunan modul projek
dan tujuan pembelajaran, 5) pengembangan topik, alur aktivitas dan asesmen P5.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar negeri
dapat digunakan sebagai salah satu alternatif guru untuk melaksanakan
Implementasi kurikulum merdeka yang ideal dan relevan sesuai projek profil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 06:57
Last Modified: 04 Sep 2024 06:57
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4381

Actions (login required)

View Item
View Item