Pudjiastuti, Clara Afra (2024) PENGEMBANGAN MODUL ”INOVASI TEKNOLOGI BIOLOGI BERORIENTASI STEAM” UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
Clara Afra Pudjiastuti.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Pudjiastuti, Clara Afra. 2024. Pengembangan Modul Bioteknologi
Berorientasi STEAM untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan
Hasil Belajar Siswa SMA. Semarang: Pascasarjana Universitas PGRI Semarang.
Pembimbing I: Dr. Fenny Roshayanti, M.Pd. Pembimbing II: Dr Endah Rita
Sulistya Dewi, S.Si. M.Si.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Modul Bioteknologi
Berorientasi STEAM yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan untuk
Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa
SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan
(Research and Development). Uji penelitian yang digunakan adalah: (1) validasi
modul oleh ahli materi dan ahli media, (2) uji kepraktisan oleh guru dan siswa, (3)
uji efektivitas model menggunakan uji N-Gain, uji T, dan Uji Cohen_d. Hasil
penelitian sebagai berikut: (1) Karakteristik Modul ”Inovasi Teknologi
Berorientasi STEAM” untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan
Hasil Belajar yaitu terdapat keterkaitan manfaat inovasi teknologi dalam
kehidupan sehari-hari dengan STEAM pada proses pembuatannya, ada penanda
STEAM pada bagian-bagian modul, tes berpikir kreatif dan tes hasil belajar
kognitif, (2) Berdasarkan analisis setiap indikator berpikir kreatif, peningkatan
tertinggi pada indikator Flexibilty yaitu 11,5%; (3) Validasi Modul Bioteknologi
Berorientasi STEAM meliputi aspek materi dan media pada tingkat rata-rata
94,6% kategori sangat valid; (4) Kepraktisan meliputi persepsi guru dan siswa
pada tingkat rata-rata 87,2% pada kategori sangat praktis; (5) Efektivitas Modul:
(a) berdasarkan hasil uji N-Gain terbukti Kemampuan Berpikir Kreatif siswa
terjadi peningkatan gain sebesar 0,60, dan Hasil Belajar siswa terjadi peningkatan
gain sebesar 0,40, artinya peningkatan berada pada pada kategori sedang yaitu
nilai gain 0,3 < g ≤ 0,7; ; (b) Uji t Pair menghasilkan nilai t1 hitung 11,556 dan t2
hitung 11,117 > t tabel (1,7138). Berarti ada perbedaan yang signifikan
Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar sebelum dan sesudah treatment
menggunakan Modul Bioteknologi Berorientasi STEAM; (c) uji efektivitas
Cohen-d adalah adalah 0,662 dan 0,679 dengan efektivitas yang relatif sedang,
berarti Modul Bioteknologi Berorientasi STEAM memiliki efektivitas relatif
sedang dalam meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar
siswa.
Kata kunci: modul, STEAM, karakteristik, validasi, kepraktisan, efektivitas
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 06:57 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 06:57 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4380 |