FAOZI, ACHMAD (2024) IMPLEMENTASI PAIKEM DI SEKOLAH DASAR NEGERI 2 PATUKANGAN KENDAL. Masters thesis, Universitas PGRI Semarang.
ACHMAD FAOZI 20510232.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Achmad Faozi. 2024. “Implementasi PAIKEM di Sekolah Dasar
Negeri 2 Patukangan Kendal”. Tesis. Pembimbing (1) Dr.Titik Haryati,
M.Si dan Pembimbing (2) Dr.Ir.I Made Sudana, M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang Implementasi PAIKEM di Sekolah
Dasar Negeri 2 Patukangan Kendal Kabupaten Kendal. Implementasi
PAIKEM memiliki komponen dan indikator yang memungkinkan untuk
diteliti menggunakan pendekatan kualitatif ilmiah. Sejalan dengan hal tersebut,
tulisan ini merujuk pada 2 (dua) tujuan, yaitu: (1) Mendeskripsikan unsur�unsur implementasi PAIKEM di Sekolah Dasar Negeri 2 Patukangan Kendal
dan (2) Mendeskripsikan tahapan implementasi PAIKEM di Sekolah Dasar
Negeri 2 Patukangan Kendal. Penelitian yang dilakukan pada tanggal 1
Desember 2023 – 28 Februari 2024 di SD Negeri 2 Patukangan Kendal
Kabupaten Kendal ini menggunakan metode deskriptif dengan perolehan data
melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Lebih lanjut, teknik analisis
data pada penelitian kualitatif ini menggunakan Model Interaktif dari Miles
dan Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
penarikan simpulan.
Temuan menunjukkan bahwa unsur – unsur implementasi PAIKEM
yang meliputi Pembelajaran yang Aktif, Kreatif, Inovatif, Efektif dan
Menyenangkan telah diterapkan di SD Negeri 2 Patukangan dan berdampak
positif pada siswa dan guru. Selanjutnya, asesmen dan refleksi dengan tujuan
agar dapat melihat kekurangan dan kelebihan sebagai bahan perbaikan
pembelajaran yang akan datang dilakukan secara maksimal dengan
mempertimbangkan kemampuan siswa secara berkelanjutan.
Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran, PAIKEM
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 04 Sep 2024 04:58 |
Last Modified: | 04 Sep 2024 04:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4362 |