PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK PGRI TANGGEL

DHARMASTUTI, ALMAS WYDIA (2024) PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA 5-6 TAHUN PADA MASA PASCA PANDEMI COVID-19 DI TK PGRI TANGGEL. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ALMAS WYDIA DHARMASTUTI.pdf] Text
ALMAS WYDIA DHARMASTUTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (975kB)

Abstract

ALMAS WYDYA DHARMASTUTI. NPM 17150005. “Pengaruh Pola Asuh
Orang Tua Dalam Membentuk Motivasi Belajar Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa
Pasca Pandemi Covid-19 Di Tk PGRI Tanggel“. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya kesadaran dalam
diri anak untuk mengikuti pelajaran daring, sebagian anak tidak mau mengerjakan
tugas-tugas daring sehingga guru kelas mendatangi rumah anak, orang tua
mengeluhkan kurangnya rasa sabar dalam mengajari anak, dan susahnya
menyuruh anak belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pola asuh orang tua
berpengaruh terhadap motivasi belajar anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Tanggel
pada masa pasca pandemi covid-19. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi
belajar anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Tanggel pada masa pasca pandemi covid-
19.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk regresi. Populasi pada
penelitian ini adalah orang tua dan anak didik di TK PGRI Tanggel. Sampel dari
penelitian ini adalah orang tua dan anak didik kelompok usia 5-6 tahun di TK
PGRI Tanggel. Jumlah responden terdiri dari 28 orang tua dan 28 anak didik.
Data dalam penelitian ini didapat melalui angket dan observasi.
Hasil uji regresi linear sederhana motivasi belajar anak dengan nilai pola asuh
orang tua otoriter menunjukkan nilai Sig. 0.026 < 0.05, motivasi belajar anak
dengan nilai pola asuh orang tua permisif menunjukkan nilai Sig. 0.016 < 0.05,
dan motivasi belajar anak dengan nilai pola asuh orang tua otoriter menunjukkan
nilai Sig. 0.002 < 0.05. Uji regresi linear sederhana terhadap masing-masing
variabel didapat nilai signifikansi lebih kecil dari probabilitas 0.05, sehingga
disimpulkan pola asuh otoriter, pola asuh permisif, dan pola asuh demokratis
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar anak. Persamaan uji
regresi untuk pola asuh otoriter dengan motivasi belajar anak adalah Y’ = 10,500+
(-1,500)x. Persamaan uji regresi untuk pola asuh permisif dengan motivasi belajar
anak adalah Y’ = 49,778+ (-,375)x. Persamaan uji regresi untuk pola asuh
demokratis dengan motivasi belajar anak adalah Y’ = 100,12+ (1,336)x. Diketahui
jika koefisien pola asuh otoriter dan koefisien pola asuh permisif memiliki nilai
negatif, yang artinya kedua pola asuh tersebut memberikan dampak negatif
terhadap motivasi belajar anak. Dan, untuk pola asuh demokratis koefisiennya
positif sehingga disimpulkan pola asuh demokratis berpengaruh positif terhadap
motivasi belajar anak.
Kata kunci : pola asuh orang tua, motivasi belajar anak

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:45
Last Modified: 04 Sep 2024 02:45
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4338

Actions (login required)

View Item
View Item