PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI

KHOTIMAH, SITI (2023) PENGEMBANGAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING MATERI RANGKAIAN LISTRIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS VI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of SITI KHOTIMAH 19560113.pdf] Text
SITI KHOTIMAH 19560113.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk mengetahui kevalidan, keefektifan,
dan kepraktisan buku saku berbasis mind mapping pada materi rangkaian listrik untuk
meningkatkan hasil belajar IPA kelas VI SD Karanggeneng 01 Kecamatan Kandeman
Kabupaten Batang. Jenis penelitian ini mengacu pada model pengembangan Sugiyono
yang dimodifikasi menjadi 9 langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah (2)
pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi produk I (6) uji coba
produk (7) revisi produk II (8) uji coba produk skala besar (9) produk final dan (10)
produksi masal. Penelitian ini hanya sampai tahap produk final karena keterbatasan waktu
dan dana. Hasil penelitian yang dikembangkan berupa buku saku berbasis mind
mapping.1) hasil uji kevalidan buku saku berbasis mind mapping mendapat nilai 96,84%
dengan kategori “sangat valid”. 2) hasil uji keefektifan berdistribusi normal berdasarkan
data hasil pretest sebesar Sig 0,560 dan postest nilai Sig 0,064, uji N- gain sebesar 0,43
yang artinya ada peningkatan hasil belajar dengan kategori sedang, selanjutnya uji t-test
dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,00 maka 0,00<0,05 , maka sesuai dengan
pengambilan keputusan dalam uji paired sample test dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak
dan Ha diterima yang artinya ada perbedaan rata- rata antara hasil belajar IPA materi
rangkaian listrik sebelum dan sesudah menggunakan buku saku berbasis mind mapping.3)
hasil uji kepraktisan diketahui berdasarkan respon atau tanggapan yang diberikan oleh
peserta didik dengan rata – rata persentase sebesar 94% dengan kategori "sangat praktis".
Dari hasil respon guru, didapatkan rata-rata persentase 96,29% dengan kategori “sangat
praktis”. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan buku saku berbasis
mind mapping materi rangkaian listrik terbukti valid, efektif, dan praktis sehingga layak
digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA Kelas VI .
Kata kunci: buku saku, mind mapping, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 06:56
Last Modified: 05 Jan 2024 06:56
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/433

Actions (login required)

View Item
View Item