PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK DI TK B INSAN MULIA KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK

NADZIROH, AINUN (2024) PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI ANAK DI TK B INSAN MULIA KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of AINUN NADZIROH.pdf] Text
AINUN NADZIROH.pdf

Download (1MB)

Abstract

AINUN NADZIROH. NPM 22156028. Penerapan Metode Bermain Peran Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Anak Di Tk B Insan Mulia Kecamatan Mijen Kabupaten Demak. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya berkomunikasi pada anak usia dini di TK B Insan Mulia. Hal tersebut disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang efektif. Selain itu tidak adanya respon dari anak ketika guru mengajak berkomunikasi sehingga anak cenderung pendiam, malu dan merasa tidak percaya diri serta kurangnya alat dan bahan dalam penggunaan metode berkomunikasi. Skripsi ini membahas bagaimana meningkatkan kemampuan berkomunikasi anak melalui
metode bermain peran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini ada 22 anak usia 5-6 tahun di TK Insan Mulia Pecuk Mijen Demak. Nilai keberhasilan pada kondisi pra siklus anak dengan presentasi Dari hasil akhir Dengan menggunakan Teknik 2 siklus diperoleh hasil peningkatan kemampuan berkomunikasi anak pada siklus 1 peningkatan berkomunikasi anak mencapai 45,45% dan siklus 2 kemampuan berkomunikasi anak meningkat mencapai 90,90%. Dengan demikian perkembangan kemampuan berkomunikasi anak mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi kemampuan berkomunikasi anak meningkat melalui metode bermain peran.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan berkomunikasi anak dapat meningkat melalui metode bermain peran. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah guru diharapkan dapat menggunakan berbagai macam metode dalam kegiatan pembelajaran salah satunya melalui metode bermain peran dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam guru mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:00
Last Modified: 02 Sep 2024 05:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4317

Actions (login required)

View Item
View Item