MUTOHAR, AHMAD (2024) PENGEMBANGAN GAME EDUKASI GEOGRAFI “FLAGS MASTER” BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN METODE GAME DEVELOPMENT LIFE CYCLE (GDLC). Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
AHMAD MUTOHAR.pdf
Download (12MB)
Abstract
Game merupakan salah satu hasil dari penerapan teknologi dalam bidang elektronik yang pada umumnya bertujuan untuk menghibur. Selain itu Game juga dapat meningkatkan memori dan Intelligence Quotient (IQ). Perkembangan teknologi
digital di era industri 4.0 telah membawa perubahan besar dalam dunia Game. Bendera negara umumnya menjadi satu-satunya hal yang bisa diingat dari suatu negara karena menjadi ciri khasnya. Menurut hasil observasi kurangnya minat pada orang, khususnya siswa untuk mengenal suatu negara masih kurang. Media pembelajaran visual seperti Game edukasi dapat memberikan kesempatan yang baik untuk merangsang pemikiran dan motivasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah Game edukasi geografi bernama "Flags Master" menggunakan metode Game Development Life Cycle (GDLC) dengan tools software Unity dan teks editor Visual Studio Code. Hasil dari pengujian black box
memperoleh nilai presentase keberhasilan 100%, serta untuk kebutuhan desain menggunakan software CorelDraw 2020. Sedangkan hasil pengujian user acceptance test oleh 2 guru dan 3 siswa sebagai responden mendapatkan hasil
presentase 92% yang meliputi aspek desain, aspek kemudahan, dan aspek kemanfaatan. Hasil user acceptance test juga menunjukkan bahwa "Flags Master" dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bendera negara. Game edukasi
geografi “Flags Master” berhasil dibangun menggunakan metode GDLC dan dapat diinstall serta berjalan sesuai yang diharapkan pada smartphone Android dengan minimal OS versi 8.
Kata Kunci: Game Edukasi, Geografi, Android, Flags Master, Game Development Life Cycle (GDLC)
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Informatika > Informatika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:37 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:37 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4314 |