Kristianti, Agnestasia Yohana (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE KAHOOT DAN PROPROFS DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
Agnestasia Yohana - 17310150 - Agnestasia Yohana.pdf
Download (6MB)
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif. Desain
penelitian menggunakan Pretest-Posttest Control Design. Teknik pengumpulan data melalui soal tentang pemahaman konsep. Dalam realitanya mata pelajaran matematika menjadi salah satu mata pelajaran yang lebih banyak tidak disukai
oleh siswa. Salah satu penyebabnya adalah banyak siswa menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang sulit. Hal ini tidak serta merta karena matematika adalah mata pelajaran yang sulit, tetapi ketidakmampuan
siswa dalam memahami matematika yang menjadi salah satu faktor tersebut.
Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran marematika menggunakan media online kahoot dan proprofs dalam meningkatkan pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan analisis
Anava satu jalur. Dibuktikan pada kelompok yang menggunakan media pembelajaran Kahoot memperoleh N-Gain skor 0,89 dengan kriteria tinggi, kelompok yang menggunakan media pembelajaran Proprofs memperoleh N-Gain skor 0,83 dengan kriteria tinggi, sedangkan kelompok yang tanpa
menggunakan media pembelajaran memperoleh N-Gain skor 0,70 dengan kriteria sedang. Dari indikator efektivitas tersebut yang terpenuhi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran Kahoot dan Proprofs dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP.
Kata Kunci: Efektivitas, Kahoot, Proprofs, pemahaman konsep.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:05 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:05 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4310 |