UPAYA MENGURANGI KEJENUHAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI TKIT AN NAJIYAH TARUBAN KENTENG NOGOSARI BOYOLALI

MUKAROMAH, EMI (2024) UPAYA MENGURANGI KEJENUHAN ANAK USIA DINI MELALUI METODE PROYEK DI TKIT AN NAJIYAH TARUBAN KENTENG NOGOSARI BOYOLALI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Emi Mukaromah (21156110)_skripsi.pdf] Text
Emi Mukaromah (21156110)_skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

EMI MUKAROMAH. NPM 21156110. “Upaya Mengurangi Kejenuhan Anak
Usia Dini Melalui Metode Proyek Di TKIT An Najiyah Taruban Kenteng
Boyolali TahunAjaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. Dr. Muniroh, S.Pi.,M.Pd. Dwi
Prasetiyawati,D.H.,S.Pd,. M.Pd. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak anak yang
tampak mengalami kejenuhan dalam kegiatan belajar di kelas dengan indikasi
sebagai berikut: Anak merasa bosan dan lelah berlebihan, Anak tidak semangat
melakukan aktifitas, Penuhnya informasi yang diberikan sehingga tidak bisa
diproses dengan baik, Menentang atau tidak peduli dengan guru, Malas dengan
tugas yang di berikan oleh guru.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terhadap upaya
mengurangi kejenuhan anak usia dini melalui metode proyek. Penelitian ini
dilakukan di kelas B1 TKIT An Najiyah Nogosari, yang siswanya berjumlah 16
anak. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam observasi
penelitian ini yaitu menggunakan tehnik observasi ,tehnik wawancara dan
dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan
reduksi data, display data dan terakhir penarikan kesimpulan.
Hasil yang diperoleh dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Nilai
keberhasilan pada kondisi awal pra siklus ada delapan anak (50%) dengan
kategori BB (belum berkembang), empat anak (25%) dengan kategori MB (mulai
berkembang), dua anak (12,5%) dengan kategori BSH (berkembang sesuai
harapan) dan dua anak (12,5%) dengan kategori BSB (berkembang sangat baik).
Dan pada siklus I ada satu anak (12,5%) dengan kategori BB (belum
berkembang), tiga anak (18,75%) dengan kategori MB (mulai berkembang), lima
anak (31,25%) dengan kategori BSH (berkembang sesuai harapan) dan tujuh anak
(43,75%) dengan kategori BSB (berkembang sangat baik). Adapun data perolehan
siklus 2 ada nol anak (0%) dengan kategori BB (belum berkembang), satu anak
(6,25%) dengan kategori MB (mulai berkembang), dua anak (12,5%) dengan
kategori BSH (berkembang sesuai harapan) dan 13 anak (81,25%) dengan
kategori BSB (berkembang sangat baik). Target ketercapaian nilai keberhasilan
pada penelitian ini yaitu sebesar 76% dan pada pelaksanaannya sudah mampu
melebihi target tersebut yaitu pada siklus II yang mencapai nilai 80% lebih.
Kesimpulannya bahwa model pembelajaran proyek dapat mengurangi kejenuhan
belajar siswa.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
model pembelajaran proyek dapat digunakan sebagai salah satu alternative bagi
guru dalam menyusun pembelajaran untuk mengurangi kejenuhan belajar pada
siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 28 Aug 2024 06:11
Last Modified: 28 Aug 2024 06:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4292

Actions (login required)

View Item
View Item