PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FRACTHEBOX (FRACTION IN THE BOX) DENGAN EVALUASI MELALUI QUIZIZZ UNTUK KELAS IV SD NEGERI KARANGSARI 1

ULYA AFLA, D. U. (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN FRACTHEBOX (FRACTION IN THE BOX) DENGAN EVALUASI MELALUI QUIZIZZ UNTUK KELAS IV SD NEGERI KARANGSARI 1. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Dina Ulil Ulia Afla.pdf] Text
Dina Ulil Ulia Afla.pdf

Download (5MB)

Abstract

DINA ULIL ULYA AFLA. NPM 20120354. “Pengembangan Media
Pembelajaran FRACTHEBOX (Fraction in the Box) dengan Evaluasi melalui
Quizizz untuk Kelas IV SD Negeri Karangsari 1”. Skripsi. Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI
Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2024.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar dan motivasi belajar matematika. Hal tersebut disebabkan kurangnya
waktu guru dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran sehingga pembelajaran
tidak efektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana kelayakan
media pembelajaran FRACTHEBOX pada peningkatan kemampuan peserta didik
dalam menyelesaikan persoalan matematika materi pecahan kelas IV sekolah
dasar?, 2) Bagaimana respon dalam uji coba media pembelajaran FRACTHEBOX
pada peningkatan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan persoalan
matematika materi pecahan kelas IV sekolah dasar? Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui kelayakan dan respon dalam uji coba media pembelajaran
FRACTHEBOX pada materi pecahan kelas IV SD Negeri Karangsari 1.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Populasi
penelitian ini adalah peserta didik Kelas IV SD Negeri Karangsari 1 Kabupaten
Demak. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
wawancara dan angket, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan
deskripsi kualitatif dan deskripsi kuantitatif.
Hasil penelitian diperoleh bahwa media pembelajaran FRACTHEBOX
dinyatakan layak digunakan dengan perolehan presentase skor hasil validasi
media sebersar 96,25% dengan kriteria sangat baik dan skor hasil validasi materi
sebesar 96,25% dengan kriteria sangat baik. Adapun hasil respon guru sebagai
analisis kelayakan media memperoleh presentase sebesar 96% masuk dalam
kategori sangat baik, sedangkan perolehan presentase angket respon peserta didik
mendapatkan rat-rata sebesar 88,6% dengan katergori sangat baik. Dari hasil yang
didapatkan disimpulkan bahwa media pembelajaran FRACTHEBOX layak
digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, saran yang dapat di sampaikan oleh
penbeliti adalah supaya media pembelajaran FRACTHEBOX dapat digunakan
sebagai kajian dalam mengembangkan media pembelajaran untuk meningkatkan
motivasi, keatifan, dan hasil belajar peserta didik serta media pembelajaran
FRACTHEBOX dapat digunakan sebagai penelitian lanjutan untuk diujikan
dalam lingkup yang luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 28 Aug 2024 04:19
Last Modified: 28 Aug 2024 04:19
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item
View Item