PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DITINJAU DARI KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Yuli Pratiwi, Diah Ayu (2024) PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DITINJAU DARI KESIAPAN BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of Diah Ayu Yuli Pratiwi (20310055).pdf] Text
Diah Ayu Yuli Pratiwi (20310055).pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menilai tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas modul
ajar berbasis pembelajaran berdiferensiasi ditinjau dari kesiapan belajar siswa pada
materi statistika. Penelitian ini dengan metode Research and Development dengan
model Borg & Gall yang telah dipadatkan menjadi 7 tahap, yaitu (1) potensi dan
masalah; (2) pegumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi
desain; (6) uji produk; (7) revisi produk; (Sugiyono, 2019). Penelitian ini
melibatkan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Watukumpul sebagai subjek. Instrumen
yang digunakan meliputi lembar validasi dari ahli materi dan ahli media, asesmen
diagnostik, tes hasil belajar, serta angket untuk mengetahui respon siswa dan guru.
Hasil dari penelitian menunjukkan jika modul ajar yang dikembangkan: (1) valid
dan layak digunakan untuk pembelajaran berdasarkan validasi ahli materi dengan
nilai kevalidan 0,963235 dan ahli media dengan nilai kevalidan 0,83152; (2) paktis
berdasarkan hasil respon siswa kelas eksperimen dengan presentase sebesar 79%
dengan kategori baik sedangkan respon guru respon guru dengan presentase
mencapai 93% dengan kategori sangat baik; (3) efektif mencakup 2 indikator, yaitu
ketuntasan belajar, baik secara individu maupun klasikal, di kelas eksperimen lebih
baik daripada kelas kontrol. Disamping itu, rata-rata dan peningkatan prestasi
belajar siswa di kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, modul ajar yang dikembangkan terbukti valid,
praktis, dan efektiv untuk digunakan dalam kegiatan belajar mengajar.
Kata kunci: Berdiferensiasi; Kesiapan Belajar; Modul Ajar; Pengembangan;
Statistika

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 28 Aug 2024 03:42
Last Modified: 28 Aug 2024 03:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4278

Actions (login required)

View Item
View Item