ASSIFA, DHANANG IRSYA (2024) PENGEMBANGAN MEDIA CUMIK BERBASIS ANDROID DENGAN MENGINTERPRETASIKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK SISWA KELAS III SD. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DHANANG IRSYA ASSIFA.pdf
Download (2MB)
Abstract
DHANANG IRSYA ASSIFA. NPM 18120258. “Pengembangan Media CUMIK
Berbasis Android dengan Menginterpretasikan Profil Pelajar Pancasila Untuk
Siswa Kelas III SD”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024. Dosen Pembimbing I: Filia
Prima Artharina, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II: M. Yusuf Setia Wardana,
M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya minat
belajar, konsentrasi dan antusisas dalam proses pembelajaran. Peserta didik lebih
suka bermain sendiri dan berbicara dengan temannya saat proses pembelajaran.
Oleh karena itu guru membutuhkan media pembelajaran yang menarik, kreatif,
inovatif dan bertahan lama.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana kevalidan media
pembelajaran CUMIK berbasis android yang menginterpretasikan profil pelajar
Pancasila?. 2) bagaimana respon guru dan siswa terhadap media pembelajaran
CUMIK berbasis android?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran CUMIK
berbasis android yang menginterpretasikan profil pelajar Pancasila yang valid
terhadap pembelajaran siswa dan untuk mengetahui respon guru dan siswa
mengembangkan media pembelajaran CUMIK berbasis android.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau
research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan
ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation).
Penelitian ini dilaksanakan di SD N 2 Penadaran pada tanggal 26 april 2024.
Berdasarkan pengembangan yang dilakukan, kevalidan yang dihasilkan dari
media CUMIK berbasis android yaitu media pembelajaran ini bertahan lama,
memiliki tampilan yang menarik dan mempermudah siswa dalam pembelajaran
kapanpun dimanapun. Hasil validasi ahli materi dan media memperoleh
persentase 91.25%. hasil angket respon siswa memperoleh persentase 94.6%. Dari
hasil angket respon angket guru memperoleh persentase 94%. Kesimpulan bahwa
media pembelajaran CUMIK berbasis android menginterpretasikan profil pelajar
Pancasila termasuk dalam kategori “sangat baik” dan memenuhi kriteria valid.
Berdasarkan penelitian ini saran yang dapat disampaikan yaitu media
pembelajran CUMIK berbasis android dapat digunakan guru dan siswa sebagai
salah satu alternative media pembelajaran di sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 03:29 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 03:29 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4275 |