LABERGINSA, BHETSAIDA JUSEGA (2024) LAGU MATEMATIKA SEBAGAI MEDIA PENINGKATAN MOTIVASI SISWA DI KELAS III SD KANISIUS HARJOSARI UNTUK MATERI PENGENALAN BANGUN RUANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
BHETSAIDA JUSEGA LABERGINSA.pdf
Download (7MB)
Abstract
Bhetsaida Jusega Laberginsa. NPM 17120253. “Lagu Matematika Sebagai
Media Peningkatan Motivasi Siswa Di Kelas III SD Kanisius Harjosari Untuk
Materi Pengenalan Bangun Ruang”. Skripsi. Program Studi Sekolah Dasar.
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2024. Pembimbing 1 ibu
Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. Pembimbing 2 bapak M. Yusuf Setia Wardana,
S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah proses pembelajaran
menggunakan media lagu matematika menjadi media peningkatan motivasi siswa.
Penelitian ini terfokus pada proses pembelajaran menggunakan media lagu
matematika sebagai peningkatan motivasi siswa di kelas III SD Kanisius Harjosari.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana lagu matematika sebagai
media peningkatan siswa kelas 3 untuk materi pengenalan bangun ruang?
Metode Penelitian ini adalah kualitatif dengan Teknik pengumpulan data
yaitu melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Lokasi penelitian
dilaksanakan di SD Kanisius Harjosari. Subjek penelitian meliputi siswa kelas III,
dan guru wali kelas III SD Kanisius Harjosari. Validitas data dilakukan dengan
triangulasi untuk membuktikan keabsahan data yang diperoleh. Teknik analisis data
dilakukan dengan tahap Data Reduction ( Reduksi Data), Data Display (Penyajian
Data), Conclusion Drawing/ verification (Penarikan kesimpulan/ verifikasi).
Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan lagu matematika sebagai
media belajar di kelas 3 SD Kanisius Harjosari terbukti efektif dalam meningkatkan
motivasi dan keterlibatan siswa. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran
menggunakan media lagu matematika meliputi: 1) Sekolah perlu menyediakan
fasilitas yang terdapat di lingkungan sekolah lebih lengkap. 2) Mengkondusifkan
peserta didik dalam pembelajaran yang berlangsung. Saran dalam penelitian ini
diantaranya yaitu: Bagi kementrian Pendidikan dan Kebudayaan baiknya
mengembangkan dan mendistribusikan sumber daya pembelajaran yang inovatif
dan kreatif karena ini dapat membantu sekolah dan guru dalam menerapkan metode
pembelajaran yang lebih menarik dan efektif. Selain itu guru juga perlu berinovasi
dan menggunakan metode pembelajaran yang kreatif untuk membuat pembelajaran
lebih menarik dan menyenangkan bagi siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 28 Aug 2024 02:28 |
Last Modified: | 28 Aug 2024 02:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/4267 |